Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara merawat wajah berminyak adalah hal yang gampang-gampang susah. Memiliki kulit berminyak tak selamanya merugikan. Minyak yang diproduksi tubuh membantu kulit tetap lembab dan sehat, termasuk di area wajah. Namun jika produksi minyak tersebut sudah berlebihan, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah guna membuat wajah Anda kembali segar.

Berikut cara merawat wajah berminyak dari ahli kulit (dermatolog) :

  • Gunakan pembersih wajah (cleanser)
    Membersihkan wajah pada pagi dan malam hari merupakan yang terefektif dari cara merawat wajah berminyak. Gunakan pembersih wajah berupa gentle cleanser dan bersihkan dengan lembut wajah Anda dengan tangan. Waslap atau busa dapat memacu pengeluaran minyak lebih banyak lagi.

    Jika pembersih wajah biasa tidak ampuh, gunakan produk yang mengandung asam seperti benzoyl, peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid. Asam dapat membantu memangkas minyak yang hadir. Gunakan air hangat saat melakukan proses pembersihan muka.
     
  • Gunakan toner
    Cara merawat wajah berminyak dengan produk yang satu ini memang dianjurkan untuk digunakan jika kulit Anda cenderung berminyak. Cairan yang terasa dingin saat digunakan ini dapat membantu mengurangi minyak pada kulit. Namun beberapa ahli menganggap toner justru dapat membuat produksi minyak bertambah dan mengiritasi kulit. Gunakan toner hanya pada area kulit yang berminyak seperti dahi, hidung dan dagu (area T), dan hindari penggunaan pada daerah yang cenderung kering.

 

  • Kertas minyak wajah

Kertas minyak merupakan salah satu alat penghilang minyak wajah yang paling digemari.  Kertas ini dapat digunakan kapan pun pada area wajah yang berminyak, seperti jidat, hidung, dagu, dll. Tempelkan kertas pada area wajah, angkat kertas setelah 15-20 detik, dan seluruh minyak akan menempel pada kertas. Beberapa kertas minyak dilengkapi pula dengan taburan bedak, sehingga dapat membuat wajah kembali bersinar dan segar.
 

  • Masker dan topeng
    Penggunaan masker dan topeng membantu mengurangi minyak pada wajah, sekaligus membersihkan pori-pori. Serupa dengan cleanser dan toner, masker dan topeng wajah juga mampu membuat kulit kering. Masker dan topeng wajah biasanya digunakan jika seseorang ingin melakukan acara besar, seperti perkawinan, ulang tahun, atau presentasi besar-besaran.
     
  • Gunakan pelembab oil-free
    Orang dengan kulit berminyak memiliki ketakutan tersendiri saat menggunakan pelembab. Mereka menganggap pelembap akan membuat wajah semakin mengkilat dan tampak lebih berminyak. Cara merawat wajah berminyak adalah dengan menggunakan oil-free moisturizer untuk menghindari tampilan wajah yang mengkilat.

     
  • Gunakan tabir surya bebas minyak (Oil-free sunscreen)
    Tabir surya tradisional cenderung menimbulkan masalah bagi orang dengan kulit berminyak akibat teksturnya yang tebal dan mampu menutup pori-pori. Meski demikian, tetap gunakan tabir surya untuk melindungi wajah Anda dari sengatan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 guna menangkal kerusakan akibat sinar matahari.
     
  • Beradaptasi dengan cuaca
    Kulit berminyak yang terjadi terus menerus dipengaruhi oleh hormon, perasaan hati, ataupun cuaca. Beberapa orang memiliki masalah kulit berminyak saat mereka berkeringat di musim panas. Untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan tampak segar, gunakan pembersih wajah yang mengandung glycolic acid atau beta-hydroxy setiap saat, tak hanya pada musim-musim dan cuaca tertentu.
Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Sindrom syok keracunan bisa mengancam jiwa, gejalanya seperti bengkak, demam, ruam dan tidak enak badan. Kenali Gejala Sindrom Syok Keracunan yang Mengancam Jiwa Jumlah kematian yang berhubungan dengan rokok meningkat drastis. Dampak rokok sangat besar terhadap kesehatan. Waspada Bahaya Rokok