Profile
Fitness & Exercise

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Adakah cara menurunkan berat badan dengan cepat ? Hampir semua orang mendambakan memiliki berat badan ideal. Selain mejalankan diet sehat, Anda juga harus menyeimbangkannya dengan berolahraga.

Kegiatan yang menguras keringat ini bisa menjaga metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak pun lemak lebih optimal. Keuntungan lain dari berolahraga dan diet sehat adalah penurunan berat badan yang stabil.  

Akan tetapi, Anda tak perlu mencoba semua tipe olahraga sebagai cara menurunkan berat badan dengan cepat. Pasalnya, tidak semua jenis olahraga efektif membakar kalori. Nah, 4 jenis olahraga ini efektif sebagai cara menurunkan berat badan dengan cepat. Yuk, simak!

Lari

Olahraga lari dipercaya sebagai olahraga yang paling banyak membakar kalori sehingga ampuh digunakan sebagai cara menurunkan berat badan.

Pasalnya, berlari dapat menggerakkan seluruh organ tubuh. Tak hanya itu, berlari juga dapat melatih kekuatan kaki dan daya tahan otot secara maksimal serta bermanfaat juga untuk tubuh bagian atas. Saat berlari, Anda sebaiknya melakukan pemanasan serta stretching, memakai sepatu yang tepat, dan berlari dalam kecepatan sedang untuk menghindari cedera.

Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu latihan tanpa menahan beban yang sangat baik. Bersepeda dapat membakar kalori hingga 1000 kalori per jam. Tapi, hal ini tergantung pada kecepatan Anda saat mengayuh sepeda. Cara menurunkan berat badan ini juga dapat memberikan latihan kardio dan membangun serta membentuk paha dan betis yang ramping.

Berenang

Banyak orang yang memilih berenang sebagai olahraga andalan untuk menurunkan berat badan. Kolam renang adalah media latihan tubuh yang sangat baik secara menyeluruh, karena dapat membakar kalori hingga 360 dalam setengah jam. Namun, kebanyakan orang mengalami kesulitan mempertahankan waktu latihan yang rutin. Sebaiknya latihan didasarkan pada latihan gerakan, nafas, dan waktu latihan itu sendiri agar Anda mendapatkan hasil maksimal.

Badminton

Badminton akan membuat tubuh tetap fit dan efektif sebagai cara menurunkan berat badan. Tidak seperti sesi olahraga yang melelahkan, badminton adalah permainan yang menyenangkan sebab dilakukan bersama teman atau pasangan.

Olahraga ini membakar sekitar 300 kalori dalam 30 menit, badminton memberikan latihan kardiorespirasi yang luar biasa, membangun kekuatan, dan mempertahankan daya tahan tubuh. Selain bermanfaat bagi tubuh, latihan ini juga akan melatih kecepatan serta ketangkasan Anda.

Jangan berlebihan

Selain 4 olahraga yang sudah dipaparkan di atas, Anda harus ingat bahwa olahraga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Anggapan bahwa semakin lama olahraga, maka akan semakin banyak lemak yang terbakar sehingga berat badan bisa turun lebih cepat adalah hal yang salah.

Padahal kenyataannya tidak demikian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yang terpenting dalam olahraga adalah rutinitas, bukan berapa banyak waktunya. Yuk, disiplinkan diri untuk berolahraga secara rutin. Semoga bermanfaat! (PR)

Ditinjau oleh dr. T. Ari Wibowo

 
Anda punya pertanyaan seputar Fitness & Exercise ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja