Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Cara Mengobati Mata Kering

Cara Mengobati Mata Kering

Mata kering disebabkan banyak faktor. Sebut saja pendingin ruangan, pengaruh iklim dan lingkungan, menopause, atau gangguan pada struktur kelopak mata yang menyebabkan mata tidak dapat menutup dengan sempurna. Mata kering juga mengakibatkan penderitanya tak nyaman. Selain menimbulkan sensasi perih, penderita mata kering lebih sering mengucek matanya dan penglihatan pun menjadi buram. Tapi, jangan khawatir, Anda bisa mengobati mata kering dengan cara-cara berikut:


•    Suplementasi air mata buatan yang tersedia bebas di apotek. Tidak semua jenisnya cocok untuk semua mata kering, oleh karena itu penderita mata kering perlu pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter mata untuk menentukan suplemen air mata buatan jenis yang mana yang sebaiknya dipakai.  Sediaan air mata buatan dalam bentuk gel dapat digunakan sebelum waktu tidur guna memberikan waktu pelumasan mata yang cukup lama.

•    Temporary punctal occlusion atau tindakan menutup lubang saluran pembuangan air mata dengan memasang penyumbat berbahan kolagen yang akan larut perlahan-lahan sehingga bersifat sementara. Bila cara ini belum berhasil maka akan dipertimbangkan penutupan lubang saluran pembuangan air mata dengan sumbatan yang tidak dapat larut, atau penutupan lubang saluran pembuangan air mata secara permanen. 

•    Penggunaan kauter atau non-dissolving punctal plug, Penyumbat ini dapat dengan mudah dilepaskan sesuai  kondisi klinis penggunanya, sementara kauterisasi bersifat permanen. Pengobatan mata kering dengan penggunaan sumbatan jenis ini akan dapat mengurangi penggunaan air mata buatan.  

•    Lipiflow adalah alat medis yang menggunakan energi panas dan tekanan pada kelopak mata untuk membuka kelenjar yang tersumbat. Lewat cara ini, diharapkan akan terjadi produksi lapisan lemak yang berperan untuk mencegah penguapan air mata karena paparan udara.

•    Restasis adalah obat tetes mata resep dokter yang ditujukan bagi penderita mata kering kronis yang diharapakan dapat membantu produksi air mata.

•    Obat-obatan lain dan nutrisi, seperti obat tetes mata steroid yang dapat dipakai untuk jangka pendek sebagai tambahan dari pengobatan jangka panjang lainnya serta nutrisi dari minyak ikan dan omega-3.

 

Di-review oleh dr. Artha Latief, SpM
 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan