Profile
Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat di punggung, perlu diketahui tentang jerawat itu sendiri.  Selain jerawat di wajah, jerawat di punggung juga dialami banyak orang. Jerawat di punggung muncul saat seseorang menginjak masa puber. Menurut American Academy of Dermatology, penyebab jerawat di punggung belum bisa dipastikan. 

Tapi, di mana pun letak jerawat, penyebab jerawat bisa dibilang sama. Kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum mulai aktif di masa puber. Bila produksi sebum atau minyak terlalu banyak, pori-pori kulit dan folikel-folikel rambut tersumbat dan mengakibatkan munculnya bakteri. Inilah penyebab jerawat. 


Di sisi lain, anggapan yang menyebutkan penyebab jerawat di punggung adalah stres, makanan berminyak dan berlemak, keringat berlebih, pakaian ketat, tas punggung yang berat, serta faktor keturunan masih diperdebatkan para ahli kulit.

Tapi, tak ada salahnya Anda menghindari beberapa faktor penyebab jerawat di punggung yang masih diperdebatkan tadi dengan melakukan beberapa perubahan dalam kebiasaan sehari-hari. Misalnya, tidak mengenakan pakaian ketat supaya kotoran, minyak, dan keringat tidak “terperangkap” di kulit. 


Selain itu, cara menghilangkan jerawat di punggung adalah memilih bahan pakaian yang menyerap keringat, mandi bila berkeringat atau selesai beraktivitas, dan mengganti seprai seminggu sekali.

Bila Anda ingin menggunakan obat sebagai cara menghilangkan jerawat di punggung, Anda harus menggunakan obat yang kuat sebab kulit punggung terbilang lebih tebal dibandingkan wajah. Nah, berikut cara menghilangkan jerawat di punggung dengan menggunakan obat:

  • Gunakan salep atau gel yang mengandung 10% benzoyl peroxide. Oleskan salep atau gel dengan cotton bud ke jerawat di punggung pada malam hari. Tunggu salep atau gel mengering sebelum memakai pakaian. 

  • Cuci punggung dengan pembersih wajah yang mengandung anti bakteri. Keringkan kulit dengan handuk.
  • Gunakan lotion yang mengandung alpha hydroxyl acids seperti glycolic atau lactic acid bersama dengan salep atau gel yang mengandung benzoyl peroxide. Pasalnya, alpha hydroxyl acids bisa mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan mengurangi sumbatan pada pori-pori.
  • Gunakan scrub berbahan gula untuk menghilangkan sel kulit mati di punggung saat Anda mandi. Misalnya, setiap seminggu sekali.

Akan tetapi, jika jerawat di punggung termasuk serius dan bernanah, segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. (PA)

Ditinjau oleh dr. T. Ari Wibowo

Anda punya pertanyaan seputar Jerawat ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur