Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering

Bagaimana cara mengatasi kulit kering ? Tinggal di daerah tropis membuat kulit wanita Indonesia kebanyakan menjadi sangat kering. Kulit kering dapat menjadi gatal hingga terkelupas. Kulit yang kering dan dehidrasi juga dapat terasa sangat tidak nyaman.Cara mengatasi kulit kering, tidak hanya perawatan kulit yang perlu diutamakan, namun juga bagaimana kondisi udara di sekitar, kebersihan kulit, serta pakaian yang dikenakan. 
 

Berikut 6 cara mengatasi kulit kering dengan mudah :

 
1. Hindari air yang terlalu panas untuk mandi. Pertahankan suhu air tetap hangat karena air yang terlalu panas walaupun nyaman dapat membuat kulit semakin kering. Air panas menghambat minyak alami kulit untuk keluar. Jangan mandi pada air yang terlalu panas dalam waktu yang terlalu lama, maksimal 5 hingga 10 menit saja. Cara mengatasi kulit kering ini mudah untuk dilakukan.
 
2. Sabuni tubuh dengan sabun yang bebas pewangi. Produk kecantikan dengan deodoran tambahan dapat mengakibatkan efek buruk pada kulit. Carilah jenis sabun yang mengandung ceramides, yang bermanfaat menahan kelembaban kulit. Jangan terlalu banyak mengenakan produk kecantikan yang mengandung alkohol. Jangan melakukan scrubbing terlalu keras karena dapat membuat kulit iritasi dan menjadi semakin tebal.
 
3. Dalam mencukur bulu, cara mengatasi kulit kering yaitu dengan selalu mencukur bulu setelah selesai mandi karena rambut tubuh lebih lembut dan mudah dicukur pada saat tersebut. Selalu gunakan krim cukur untuk melindungi kulit dan gunakan pisau yang tajam karena pisau tumpul dapat mengakibatkan iritasi. Rendam pisau cukur yang sudah pernah dipakai dalam alkohol agar terjaga kebersihannya.
 
4. Saat berada di luar ruangan, selalu lindungi tubuh dari sengatan matahari. Kenakan sunblock dengan SPF 30 dan kenakan pakaian tertutup. Kenakan pakaian berlengan panjang dengan kain yang tipis agar kulit tidak kesulitan bernapas. Waspadai bahaya keriput dan kulit kasar karena sinar matahari.
 
5. Pilih pelembab kulit yang tepat. Bahan yang baik bagi kulit adalah sheabutter, ceramides, stearicacid, atau gliserin. Berbagai kandungan pelembab ini dapat menggantikan mineral alami dalam kulit.
 
Berikut cara mengenakan pelembab kulit yang efektif :
  • Basuh kulit dengan pembersih cair yang tidak mengandung sabun dan mengandung ceramides untuk mengganti lapisan kulit luar.
  • Tepuk-tepuk kulit dengan handuk selama 20 detik.
  • Kenakan pelembap tebal untuk melembapkan kulit dalam beberapa menit setelah mandi untuk mempertahankan kelembapan kulit.
  • Selalu berikan pelembab pada tangan setiap kali sehabis mencuci tangan agar kelembaban kulit tidak hilang.
 
Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami