Profile
Merokok

Cara Berhenti Merokok dengan Hipnosis

Cara Berhenti Merokok dengan Hipnosis

Ingin berhenti merokok bagi seorang perokok tentu bukan hal yang mudah. Apalagi menemukan cara berhenti merokok yang sesuai dan efektif. Terutama, bagi mereka yang telah merokok selama bertahun-tahun. Padahal, berhenti merokok dapat memberikan banyak sekali manfaat. Terutama, bagi kesehatan Anda dan keluarga serta orang-orang di sekitar Anda. 

Jika Anda serius mencari cara berhenti merokok, mungkin Anda bisa mencoba melakukan hipnosis. Hipnosis adalah keadaan di mana Anda tampak tidur tanpa mengubah kesadaran sehingga Anda masih tetap sadar siapa diri Anda. 

Nah, seseorang yang mendatangi klinik hipnosis biasanya bertujuan mengobati masalah fisik atau psikologis tertentu. Misalnya hipnosis untuk membantu pasien mengatasi rasa sakit, masalah berat badan, gangguan bicara, hingga berhenti merokok. 

Lantas apa yang dilakukan saat hipnosis sebagai cara berhenti merokok dilakukan? Biasanya pasien sering diminta membayangkan sesuatu yang tidak menyenangkan dari merokok. Misalnya, hipnoterapis akan menunjukkan bahwa bau asap rokok seperti bau asap knalpot truk atau membayangkan si perokok terkena penyakit parah akibat kebiasannya merokok. 

Salah satu teknik hipnosis yang sering dilakukan adalah metode Spiegel.

Berikut cara berhenti merokok dengan hipnosis, dengan metode Spiegel :

  • Racun rokok pada tubuh.
  • Anda perlu tubuh Anda untuk hidup. 
  • Anda harus menghormati dan melindungi tubuh Anda. 

Lalu bagaimana mengetahui apakah hipnosis berhasil atau tidak?

Perlu Anda ketahui, bahwa hipnosis tidak berhasil untuk semua orang. Pasalnya, setiap satu dari empat orang tidak dapat dihipnotis. Meskipun berhasil, intensitas kesuksesan hipnosis dapat bervariasi bagi masing-masing orang. 

American Cancer Society sendiri memberikan lampu hijau bagi hipnosis sebagai cara berhenti merokok karena terbilang efektif. Sebaliknya, American Medical Association (AMA) mengatakan bahwa hipnosis bukanlah terapi yang disetujui untuk dilakukan dalam membantu seseorang yang ingin berhenti merokok. 


Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk melakukan hipnosis sebagai cara berhenti merokok, pastikan hipnoterapis yang Anda pilih tersebut berlisensi, terlatih, dan dapat dipercaya.
Pasalnya, hipnosis hanya boleh dilakukan oleh seseorang yang telah memiliki lisensi di bidang tersebut, misalnya psikiater atau psikolog. Anda juga bisa meminta referensi kepada dokter mengenai hipnoterapis yang dikenalnya. 

Selain melakukan hipnosis, Anda bisa melakukan beberapa cara berhenti merokok seperti berikut ini:

  1. Cari tahu alasan Anda ingin berhenti merokok.
  2. Hindari pemicu yang membuat Anda ingin merokok.
  3. Bersihkan rumah dari rokok, asbak, korek, dan sesuatu yang berhubungan dengan rokok.
  4. Jika gagal, jangan menyerah dan coba terus.
  5. Cari kesibukan seperti olahraga atau hobi positif lainnya.
  6. Berikan imbalan atau penghargaan kepada diri sendiri jika Anda berhasil.
  7. Berhentilah merokok demi kesehatan Anda dan orang di sekitar Anda. (DV)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita

Anda punya pertanyaan seputar Merokok ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya