Profile
Menstruasi

Cara Alami Mengusir Kram Perut Saat Menstruasi

Cara Alami Mengusir Kram Perut Saat Menstruasi

Kram perut saat haid merupakan musuh utama setiap wanita yang sedang kedatangan tamu bulanan. Selain menimbulkan rasa sakit, rasa tidak nyaman yang timbul akibat darah kotor yang keluar, masih harus ditambah lagi dengan rasa tidak nyaman karena kram. Tidak heran, banyak wanita yang menjadi emosional saat sedang haid.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan kram saat nyeri haid, ini di antaranya: 

1.Minum air yang banyak
Banyak mengonsumsi air mineral ternyata dapat membantu tubuh menghilangkan kembung yang tidak nyaman saat haid. Minumlah air hangat agar aliran darah menjadi lebih lancar dan merilekskan  otot-otot yang kram. Perbanyak juga makanan yang banyak mengandung banyak cairan, seperti selada, seledri, timun, semangka dan buah-buahan beri.

2.Menambah kadar kalsium dalam tubuh
Kalsium dapat membantu mengurangi kram perut saat menstruasi.  Mengonsumsi kalsium sebanyak 1,000 mg per harinya perlu dibiasakan oleh Anda, para wanita yang berusia 19 tahun hingga 50 tahun. Dapatkan asupan kalsium dari makanan-makanan yang berbahan dasar susu, biji wijen, almonds dan sayuran berdaun hijau.

3.Mengonsumsi kayu manis
Kayu manis sudah lama digunakan sebagai penawar flu dan alergi, serta sebagai obat bagi pencernaan. Karenanya, mengonsumsi kayu manis dapat membantu meredakan kram saat haid. Selain itu, kayu manis juga mengandung serat diet yang baik untuk kesehatan.  Kalsium, zat besi dan mangan dipercaya efektif untuk meredakan kram akibat menstruasi.

4.Dekat dengan Jahe
Jahe biasanya dikenal sebagai ramuan tradisional untuk mengobati flu, demam, sakit kepala serta sakit akibat haid. Cara mengonsumsi jahe pun sederhana, cukup dengan memarut jahe dan menambahkannya ke dalam air panas, diminum seperti biasa untuk menghilangkan kram pada perut.

5.Rutin makan pepaya
Di dalam pepaya, terdapat kandungan karoten dan vitamin C dan A dalam jumlah yang tinggi disertai juga dengan zat besi dan kalsium. Buah pepaya sendiri juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan baik bagi kulit serta sebagai pelancar pencernaan.


6.Pastikan juga Anda rutin mengonsumsi makanan-makanan berikut:
•Beras cokelat yang kaya akan vitamin B6 untuk menghilangkan perut kembung.
•Makanan kaya kandungan mangan, seperti yang ada dalam walnut, almond dan biji labu.
•Makanan kaya kandungan vitamin E seperti minyak zaitun dan brokoli.
•Makanan yang kaya akan zat besi, nutrisi yang banyak hilang saat menstruasi, seperti ayam, ikan dan sayuran hijau berdaun.
Hindari makanan-makanan berlemak, alkohol dan minuman berkarbonasi karena dapat menyebabkan perut kembung dan hilangnya cairan tubuh  dengan lebih cepat. Batasi juga konsumsi kafein karena cenderung menyebabkan kram pada perut dan meningkatkan ketegangan pada tubuh. 


Jika perut masih terasa sakit, kompres perut bagian bawah dengan air panas. Gunakan botol air berisikan air panas atau dengan kain yang sudah direndam di air panas. Mandilah dengan menggunakan air panas dan handuk panas. 

Lakukan juga beberapa gerakan olahraga untuk melepaskan endorfin, yang dapat menjadi penghilang rasa sakit alami dan memperbaiki mood. Olahraga ringan seperti berjalan kaki santai dapat menggantikan latihan fisik yang berat. Berlatih yoga untuk membuat tubuh lebih rileks, aliran darah lebih lancar, menghilangkan stres juga dapat dilakukan untuk meredakan rasa sakit saat menstruasi. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja