Profile
Beauty & Skin Care

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Cara alami menghilangkan jerawat, biasanya menjadi pilihan pertama sebelum menjalani pengobatan dan perawatan di dokter spesialis kulit. Selain tak perlu merogoh kocek terlalu banyak, cara alami tentu lebih aman bagi kesehatan kulit.

Umumnya, jerawat timbul disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar minyak di kulit. Pada dasarnya minyak berfungsi untuk melembapkan kulit. Namun, jika produksinya secara berlebihan akan menyebabkan sumbatan dan akhirnya terbentuknya pimple, yaitu pembengkakan kecil pada kulit yang berisi nanah atau komedo.

Jerawat biasanya disebabkan oleh wajah yang berminyak, bakteri, perubahan hormon yang diakibatkan oleh kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok serta faktor keturunan. Namun, beberapa faktor lain seperti stres dan makanan seperti cokelat, gula dan makanan berlemak juga seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Namun, Anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan budget yang cukup besar untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Nah, berikut ini adalah cara alami yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengatasi jerawat:

1.Perbanyak konsumsi air
Cara paling mudah dan baik untuk mengatasi jerawat adalah dengan meningkatkan asupan air dalam tubuh. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam melepaskan racun serta melembapkan kulit dari dalam ke luar. Selain itu, para peneliti dari University of Missouri, Columbia, Amerika Serikat  menunjukkan bahwa asupan air yang cukup pada tubuh dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit, sehingga efektif untuk mengatasi jerawat.


2.Mengonsumsi makanan sehat
Para pakar menyebutkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan pembaharuan sel-sel pada kulit adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal itu disebabkan faktor makanan dapat mempengaruhi timbulnya jerawat sebesar 25%. Anda dapat mengonsumsi makanan yang rendah lemak, kaya akan buah-buahan dan saturan serta menghindari makanan atau minuman yang berbahan dasar susu, daging-dagingan, cokelat, kentang goreng serta junk food lainnya.

3.Tidak memencet jerawat
Saat timbul jerawat di wajah, biasanya Anda memencet jerawat tersebut karena gregatan dan agar cepat hilang. Padahal memencet jerawat justru akan menyebabkan peradangan semakin memburuk dan jerawat akan menyebar ke daerah wajah lainnya, bahkan parahnya dapat menimbulkan penyembuhan yang semakin lama. Anda dapat merawat jerawat Anda dengan menggunakan salep, krim atau gel yang khusus untuk mengurangi peradangan.

4.Istirahat yang cukup
Menurut penelitian, kurangnya mendapatkan istirahat pada malam hari dapat memicu terjadinya stres. Padahal stres salah satu penyebab terbesar dalam meningkatkan produksi glukokortikoid yang dapat menyebabkan masalah pada struktur dan fungfsi kulit. Selain itu, stres dapat memperparah jerawat yang sudah ada di kulit Anda.


5.Menggunakan tea tree oil
Walaupun cara kerjanya lambat, namun tea tree oil setara dengan obat jerawat yang memiliki kandungan benzol peroxide yang artinya tea tree oil dapat menjadi salah cara untuk mengatasi jerawat secara alami. Tetapi, tea tree oil dapat menimbulkan efek samping pada peradangan kulit. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengetahui dahulu jenis jerawat yang Anda alami. Jika jerawat Anda termasuk ke jenis acne rosacea, maka Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan tea tree oil.

6.Olahraga
Olahraga selain dapat membuat Anda sehat dan dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, rupanya juga dapat membantu Anda dalam menurunkan tingkat stres yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selai n itu, olahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengirimkan lebih banyak oksigen ke sel-sel kulit. (PR)

Ditinjau oleh: dr. Fransisca Alvionita

Anda punya pertanyaan seputar Beauty & Skin Care ?
Ask Doctor
Jerawat batu mengganggu penampilan dan kesehatan, coba cara ini untuk mengatasinya. Jerawat Batu, Begini Cara Membasmi dan Menangkalnya Angka bunuh diri terjadi hampir dua kali lipat lebih sering daripada pembunuhan. Mereka yang depresi dan penderita bipolar rentan melakukan bunuh diri. Penderita Bipolar Rentan Melakukan Bunuh Diri