Profile
Kesehatan Wanita

Cara Alami Hilangkan Gatal Pada Vagina

Cara Alami Hilangkan Gatal Pada Vagina

Gatal pada alat kelamin wanita atau vagina adalah masalah yang banyak dialami oleh wanita. Kondisi tersebut tentunya sangat Anda merasa tidak nyaman dan memalukan apalagi jika disertai dengan bau tidak sedap.

Menurut dr. Monica Tan, pada dasarnya untuk mengurangi penyakit gatal pada kelamin wanita bisa dengan menggunakan air hangat atau rebusan air sirih untuk mencuci area vagina. Tetapi bila gatal tersebut disebabkan oleh bakteri, jamur atau parasit rasa gatal tidak akan berkurang sekalipun menggunakan air hangat dan rebusan air sirih.

Berikut adalah cara alami untuk menghilangkan gatal pada vagina:

Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang sangat baik karena mampu membantu Anda menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh jamur atau bakteri dan menyebabkan bakteri. Hal itu disebabkan cuka sari apel dapat membuat vagina asam sehingga bakteri tidak dapat berkembang. Caranya sederhana, Anda hanya perlu mengambil dua sendok makan cuka sari apel dan campurkan dengan air hangat. Kemudian, cuci vagina sebanyak dua kali dalam sehari secara rutin.

Kompres dengan air dingin

Hal yang paling merepotkan adalah ketika gatal pada kelamin wanita datang pada malam hari. Selain dapat mengganggu waktu tidur Anda juga dapat membuat Anda lelah. Untuk menghentikan rasa gatalnya, Anda dapat mengompres vagina dengan air dingin atau es batu.

Garam

Garam secara efektif mampu menghilangkan rasa gatal dan bakteri yang ada pada alat kelamin wanita. Hal itu disebabkan garam memiliki sifat antibakteri. Anda dapat mencuci kemaluan dengan air garam setiap kali Anda merasa gatal. Selain dapat memberikan rasa lega juga dapat mencegah perkembangan bakteri.

Bawang putih

Selain memilik aroma yang tajam, bawang putih juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghilangkan rasa gatal pada kemaluan.

Yoghurt

Yoghurt murni memiliki zat aktif yang dapat menghilangkan bakteri jahat dan dapat menambahkan bakteri baik pada kemaluan. Anda hanya perlu mengonsumsi yoghurt murni tanpa pemanis setiap hari. Selain itu juga dapat menggunakan yogurt yang langsung dioleskan pada vagina untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Selamat mencoba!

review by dr. Rahajeng A.P

 
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya