Profile
Ketombe (Dandruff)

Cara Alami Berantas Ketombe

Cara Alami Berantas Ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang sangat menganggu dan bahkan membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Ketombe bisa terjadi pada semua orang, baik pria atau wanita dari rentang usia yang beragam.
 
Ketombe biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak bersih, stres, kulit kering, atau produk perawatan rambut yang tidak cocok. Daripada hanya keramas, lebih baik Anda mulai menggunakan beberapa bahan alami untuk menghilangkan ketombe.
 
Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk membasmi ketombe dan bisa dilakukan dirumah:
1. Air dan cuka
Cuka adalah obat yang sangat baik untuk ketombe, karena cuka mempunya kandungan potasium dan enzim yang dapat membantu menghilangkan ketombe serta gatal di kulit kepala. Campurkan secangkir cuka dengan secangkir air. Setelah keramas, oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, kemudian biarkan beberapa saat. Lalu, bilas rambut dengan air bersih dan hasilnya akan Anda rasakan setelah perawatan selama dua minggu.
 
2. Yogurt
Yogurt tak hanya memberikan nutrisi bagi tubuh, tetapi juga baik untuk menghilangkan ketombe. Caranya adalah campurkan satu cangkir yogurt, satu sendok teh air lemon, dan satu sendok teh minyak mustard. Campurkan bahan-bahan tersebut, kemudian oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama satu jam. Kemudian bilas kepala dan rambut sampai bersih.
 
3. Tea tree oil
Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang dihasilkan dari destilasi tanaman khas Australia Melaleuca alternifolia (khas di Australia). Minyak yang diekstrak dari daun ini memiliki sifat fungisida dan secara keseluruhan menenangkan kulit terutama bila sakit atau gatal. Tuangkan 1 sendok makan tea tree oil ke 1 cangkir air hangat dalam botol semprot dan kocok. Setelah keramas, semprotkan campuran ke seluruh kulit kepala, pijat, dan biarkan selama beberapa menit.
 
4. Lidah buaya
Tuangkan ekstrak lidah buaya pada bagian kepala yang sering berketombe, diamkan dan bersihkan setelah 15 menit. Setelah beberapa kali perawatan, ketombe di kepala akan hilang.
 
Melakukan keramas lebih sering hanya dapat mengontrol ketombe dan tidak menghilangkan ketombe. Serta, tentunya Anda tak bisa keramas terlalu sering hanya untuk menghilangkan ketombe. Anda bisa keramas dua kali sehari atau tiga kali sehari untuk mengontrol ketombe serta membersihkan kulit kepala dan rambut.
 
Anda punya pertanyaan seputar Ketombe (Dandruff) ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu