Profile
Kesehatan Mental

Berdamai dengan Sakit Hati Akibat Perselingkuhan

Berdamai dengan Sakit Hati Akibat Perselingkuhan

Perselingkuhan itu benar-benar menyebalkan. Apakah Anda yang melakukan perselingkuhan atau pasangan Anda, jatuhnya sama saja.Perselingkuhan benar-benar dapat membahayakan hubungan. Mengatasi sakitnya perselingkuhan tentunya bukan perkara mudah. Ada pendapat yang mengatakan bahwa untuk mengurangi rasa sakit hati dan memperbaiki hubungan, sebaiknya Anda dan pasangan saling mengungkapkan tentang perselingkuhan yang terjadi. Benarkah? Berikut tanya jawab dengan  pakar.

Kasus 1

"Saya mengatakan kepada pasangan saya bahwa saya telah berselingkuh. Dan sekarang saya berharap  bisa menarik kembali pengakuan itu. Mengakui perselingkuhan ternyata membuat saya harus kembali berusaha keras mendapatkan kepercayaannya lagi. Tapi, jika saya tidak mengatakan kepadanya, kecurangan itu akan  menjadi beban yang terus menghantui.

Pakar: "Bersikap terbuka dan jujur mungkin tampak seperti hal yang benar untuk dilakukan, Namun, keputusan yang Anda buat haruslah benar-benar didasarkan pada pemikiran apakah  Anda dapat hidup dengan risiko dari keputusan itu," kata Jane Greer, Ph.D., terapis seks dan pernikahan di New York. Situasi yang ideal adalah bahwa Anda jujur dengan pasangan Anda tentang perselingkuhan  dan Anda bekerja bersama pasangan melalui masalah ini bersama-sama," katanya. "Tapi untuk banyak alasan yang berbeda, hal ini tidak selalu bisa berjalan dengan baik."

Jika Anda berselingkuh, entah itu hanya hubungan semalam atau sampai menjalin hubungan asmara yang kemudian berakhir-dan Anda menyadari betapa pentingnya hubungan Anda dengan pasangan dan berjanji kepada diri sendiri bahwa hal itu tidak akan terjadi lagi, Greer menyarankan, perselingkuha tidak harus selalu diakui Jika Anda tahu pasangan Anda akan tak kenal ampun. Mungkin akan lebih baik menyimpan rasa bersalah Anda untuk diri sendiri.

Meskipun itu berarti tidak jujur dengan pasangan, Greer mengatakan bahwa, mungkin kepribadian Anda akan bertumbuh akibat  dari kesalahan itu. Tapi, jika Anda berpikir Anda benar-benar harus memberitahu pasangan jika dia menangkap basah Anda atau jika Anda merasa bahwa bersikap jujut adalah  karakter sejati Anda,  dan karena itu Anda merasa layak mempertaruhkan hubungan untuk itu, maka Anda boleh melakukannya.

Kasus 2: “Perselingkuhan sebaiknya tidak ditutup-tutupi. Anda harus selalu memberitahu pasangan Anda, tetapi tidak untuk kepentingan Anda sendiri.  Anda harus melakukannya karena pasangan Anda berhak  untuk memutuskan apakah mereka mau atau tidak  melanjutkan hubungan dengan Anda. Anda tidak dapat menjadi egois dua kali. "

Pakar: "Kecurangan mengancam hubungan dan menyembunyikannya akan lebih mengancam lagi," kata Jenni Skyler, Ph.D., direktur The Intimacy Institute di Boulder, Colorado.

Itu karena hubungan yang bermakna didasarkan pada transparansi dan kejujuran, katanya. Semakin lama Anda menyimpan rahasia, semakin  pasangan Anda akan merasa dikhianati ketika dia akhirnya tahu.

Katakan kepada pasangan,  menyesalah, dan coba untuk bergerak maju dengan kembali membangun kepercayaan. "Meskipun Anda mempertaruhkan hubungan Anda dengan mengatakan kepada pasangan tentang kecurangan Anda, namun tingkat keberhasilan hubungan Anda ke depan akan jauh lebih baik daripada jika Anda menyembunyikannya lalu pasangan Anda tahu rahasia kelam Anda dan itu tidak sehat untuk mental Anda," kata Skyler

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mental ?
Ask Doctor
Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?