Profile
Kesehatan Seksual

Benarkah Orgasme Dapat Menyehatkan Kulit?

Benarkah Orgasme Dapat Menyehatkan Kulit?

Baru-baru ini, pesohor Holywoood, Amber Rose, dalam sebuah wawancara bercanda dengan mengatakan bahwa masturbasi adalah kunci kecantikan dan kesehatan kulitnya.  "Aku berharap aku punya waktu untuk masturbasi setiap hari tapi kenyataannya tidak," katanya. "Saya mengatakan ini karena  saya tergolong sangat seks-positif. Saya serius meski ini saya sampaikan sebagai lelucon."

Pertanyaannya, benarkah yang diungkapkan oleh Rose bahwa masturbasi memiliki efek positif untuk kulit? Dokter kulit dari New York City, Doris Day, M.D., penulis buku Skinfluence, mengatakan bahwa hal itu benar adanya.  "Orgasme sangat baik untuk kulit Anda," katanya. "Ini menyangkut hormonal,  pembuluh darah dan neurologis. Orgasme adalah orgasme, apapun caranya tetap bisa memberi manfaat baik untuk kulit Anda."

Akibat aliran darah yang mengalir lebih deras saat orgasme, kulit Anda akan nampak lebih bercahaya dan ini bisa bertahan selama satu sampai dua jam sesudahnya.  Tapi, orgasme secara teratur dapat memberi efek langgeng pada kulit Anda sama halnya seperti olahraga rutin yang Anda lakukan.

Selain bercahaya, kulit juga akan terlihat lebih kencang dan dengan demikian kerutan berkurang. Plus artinya, orgasme, apalagi yang terjadi secara teratur, dapat mencegah gejala penuaan dini pada kulit Anda.

Aura kebahagiaan dan kepuasan juga mungkin mengambil bagian dalam hal ini, membuat Anda terlihat lebih cantik dan berseri-seri.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang jelas bahwa orgasme bisa memberi efek demikian, kata Gary Goldenberg, M.D., direktur medis Dermatology Faculty Practice di Mount Sinai School of Medicine.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan