Profile
Kesehatan Seksual

Beginilah Tanda Anda Memiliki Sperma yang Sehat

Beginilah Tanda Anda Memiliki Sperma yang Sehat

Kebanyakan pria tidak yakin apakah kualitas dan kuantitas sperma mereka normal dan sehat, kecuali jika mereka memeriksakan diri ke dokter.

Tapi, sebenarnya, ada tanda-tanda yang telah dibuktikan secara ilmiah bahwa Anda kemungkinan besar memiliki sperma yang sehat dan kuat. Inilah tanda-tanda itu.

Anda memiliki bagian tengah tubuh yang ramping

Para peneliti dari Belanda menemukan bahwa pria dengan lingkar pinggang  101 CM atau lebih memiliki konsentrasi dan jumlah sperma lebih rendah daripada pria berpinggang lebih ramping.

Para peneliti tidak yakin mengapa ukuran pinggang yang besar bisa berakibat buruk bagi sperma Anda. Tapi mereka percaya membawa bobot yang berat di area tengah tubuh dapat mengganggu pelepasan hormon seks serta produksi dan perkembangan sperma.

Wajah Anda Tidak Maskulin

Para peneliti di Spanyol dan Finlandia baru-baru ini menemukan bahwa pria yang memiliki wajah yang dinilai  jantan, cenderung memiliki kualitas semen yang lebih buruk dibanding pria berwajah lebih feminin.

Penjelasan untuk ini disebut "hipotesis tradeoff." Sederhananya, pria memiliki jumlah energi yang tetap, yang harus dibaginya untuk daya reproduksi dan sejumlah komponen lain.

"Jadi, jika seorang pria lebih banyak menggunakan sumber dayanya untuk memroduksi semen, dia mungkin memiliki sumber daya yang lebih sedikit untuk mengembangkan sifat-sifat seksual sekunder lain seperti membentuk wajah yang maskulin," kata penulis studi Jukka Kekäläinen, Ph.D.

Anda penyuka celana boxer

Sebuah studi tahun 2012 dari Inggris menemukan bahwa pria yang mengenakan celana boxer, memiliki jumlah sperma lebih banyak yang 24 persen lebih banyak dari yang pakai celana ketat.

"Pakaian yang longgar dapat menyebabkan suhu skrotum lebih rendah dibandingkan jika Anda memakai pakaian ketat dan ini bisa meningkatkan kualitas semen," kata penulis studi Andrew Povey, Ph.D.

Anda Rajin Berolahraga

Para peneliti dari Harvard menemukan bahwa pria yang  berolahraga 15 jam atau lebih dalam seminggu memiliki konsentrasi sperma 73 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak berolahraga sama sekali.

Tidak hanya latihan dapat membantu merampingkan area tengah tubuh Anda tapi juga dapat memengaruhi kesehatan reproduksi dan meningkatkan kadar antioksidan di seluruh tubuh Anda. Olahraga teratur benar-benar bisa mencegah radikal bebas merusak sel-sel sperma Anda.

Anda Memiliki Tipe Sura Falsetto

Suara Anda tidak melengking dan juga tidak terlalu berat dan serak. Pria dengan suara semacam itu cenderung memiliki kualitas sperma yang lebih buruk, menurut sebuah studi dari University of Western Australia.

Para peneliti menemukan, pria dengan suara sangat berat dan serak memiliki konsentrasi sperma yang lebih rendah saat ejakulasi.

Kadar testosteron mungkin menjadi salah satu penyebabnya, menurut penulis studi Leigh Simmons, Ph.D. Testosteron dikaitkan dengan fitur wajah maskulin dan nada suara yang lebih rendah, tapi jika terlalu banyak, mungkin dapat  menekan produksi sperma.

Anda Tidak Menyimpan Makanan Dalam Wadah Plastik

Bisphenol-A (BPA), bahan kimia yang terkandung di dalam plastik dan bisa larut ke dalam makanan saat dipanaskan, dapat menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas sperma Anda, demikian kata sebuah penelitian di Denmark.

Para ilmuwan menduga, BPA dapat mempengaruhi estrogen dan aktivitas androgen dalam epididimis di testis. Dan ini, bisa menghambat perkembangan normal sperma.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Gondongan atau mumps atau parotits adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan peradangan dan pembengkakan kelenjar ludah. Gondongan Bisa Dicegah Dengan Imunisasi Jika Anda sedang menjalani program hamil dan melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin menstruasi Anda, jangan buru-buru kecewa. Bercak Darah Seperti Haid, Pertanda Hamil?