Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

Bau Mulut Tak Sedap

Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut atau istilah medisnya halitosis seringkali tidak disadari oleh orang yang bersangkutan sampai ada orang terdekat yang memberitahukan. Sebenarnya, ada cara mudah untuk mengetahui bau mulut tanpa perlu menunggu orang lain memberitahu Anda. Caranya, yaitu dengan menghembuskan udara dari mulut anda sendiri dalam keadaan kedua tangan agak menutup mulut sehingga kita dapat mencium bau mulut kita sendiri atau dapat juga dengan menyapukan air liur yang berada di belakang lidah menggunakan satu jari yang sudah dibersihkan sebelumnya. Sapukan air liur pada punggung tangan, tunggu beberapa menit, kemudian cium baunya. Pada tahap ini, jika anda memiliki masalah bau mulut tidak sedap tentu membuat anda menjadi tidak percaya diri dalam pergaulan.
 
Untuk mengatasi bau mulut tidak sedap, tentu anda harus mengetahui dahulu apa penyebabnya. Ada beberapa penyebab bau mulut tidak sedap, yaitu:
 
1. Faktor lokal, seperti : 
Kebiasaan buruk. Malas menggosok gigi dan merokok dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Partikel-partikel makanan yang tertinggal di dalam mulut akibat tidak menggosok gigi, menyebabkan bakteri berkembang biak diantara sela-sela gigi, pada lidah, dan gusi sehingga mulut berbau tak sedap. Kebiasaan merokok atau mengunyah produk berbahan tembakau juga menyebabkan bau mulut tak sedap, mengurangi kemampuan lidah untuk mengecap rasa, dan dapat menyebabkan iritasi gusi.
Masalah rongga mulut. Gigi berlubang dan gusi bengkak bisa menjadi penyebab bau mulut tak sedap.
Mulut kering. Kondisi mulut kering atau istilah medisnya xerostomia dapat disebabkan oleh efek samping pengobatan, masalah kelenjar air liur, atau akibat bernafas melalui mulut terus menerus. Mulut kering dapat menyebabkan bau tak sedap. Hal ini karena air liur berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan mulut dengan membersihkan mulut dari sel-sel mati dan menetralkan asam yang dihasilkan oleh plak dan bakteri. 
 
Faktor apa lagi yang menyebabkan bau mulut? Klik di sini

2. Faktor sistemik, seperti : 
• Berhubungan dengan penyakit tertentu. Penyakit sinus, diabetes, bronkitis, liver, dan asam lambung kronis, dapat menyebabkan bau mulut tak sedap.
         
Untuk menghilangkan bau mulut tentu hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan rajin membersihkan mulut yaitu menggosok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari, membersihkan sela-sela gigi dengan benang pembersih sela-sela gigi, dan berkumur dengan obat kumur bila perlu. Masalah bau mulut tak sedap kebanyakan berasal dari lidah. Nah, bersihkan juga lidah anda ketika menggosok gigi. Minum air minimal 8 gelas sehari dapat membantu mengurangi resiko mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap.
 
Jika bau mulut tidak juga hilang, jangan tunda untuk mencari pertolongan ke dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa rongga mulut Anda. Jika dokter gigi tidak menemukan masalah pada rongga mulut, dokter akan merujuk Anda ke dokter umum untuk memastikan adanya penyakit lain yang mungkin diidap dalam tubuh tanpa Anda ketahui.
 
Direview oleh drg. Ruby Kusnadi
Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan