Profile
Kesehatan Mata dan Pengelihatan

Awas! Bermain Ponsel di Malam Hari Bisa Sebabkan Kebutaan

Awas! Bermain Ponsel di Malam Hari Bisa Sebabkan Kebutaan

Meskipun tahu bahwa menyimak  Instagram dan media sosial lain sebelum terlelap bisa mengganggu jadwal tidur, bayak dari kita tetap melakukannya.  

Sekarang saatnya untuk memandang serius hal ini. Pasalnya, ada beberapa wanita telah mengalami kebutaan sementara setelah mereka menggunakan ponsel dalam gelap.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan oleh The New England Journal of Medicine, cahaya terang dari ponsel benar-benar dapat menyabotase  penglihatan Anda-setidaknya untuk sementara.

Dalam satu kasus, seorang wanita berumur 22 tahun mengalami kehilangan penglihatan mata kanannya tapi hanya pada malam hari. Setelah berbulan-bulan menjalani pemeriksaan, dokter tetap tidak tahu apa yang menyebabkan kebutaan sementara itu. Kemudian, dalam kasus kedua, seorang wanita 40 tahun dilaporkan kehilangan penglihatan salah satu matanya selama sekitar 15 menit setiap pagi setelah dia bangun. Sekali lagi, dokter bingung.

Akhirnya, para ahli menemukan satu hal yang menyatukan mereka: Kedua wanita mengalami kehilangan penglihatan setelah menghabiskan beberapa menit menatap ponsel mereka sambil berbaring di tempat tidur dalam gelap. Lebih gila lagi, adalah bahwa mata yang kehilangan penglihatan selalu konsisten sama dengan sisi setiap wanita itu berbaring.

 Ketika Anda berbaring di tempat tidur sambil melihat telepon, Anda sering hanya melihat dengan satu mata sementara mata yang lain diblokir oleh bantal, jelas peneliti. Hal ini menyebabkan situasi yang disebut "pemutihan photopigment". Artinya, satu mata sibuk menyesuaikan dengan cahaya terang layar, sementara mata yang lain sibuk beradaptasi dengan gelap karena tertutup oleh bantal Anda.

Kabar baiknya, hal ini bisa diperbaiki  mudah. Jika Anda memang benar-benar harus melihat ponsel sebelum terlelap, pastikan Anda menggunakan kedua mata dengan seimbang.

 

Ditinjau oleh: dr. Setiyo

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mata dan Pengelihatan ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan