Profile
Kesehatan Seksual

Apakah Masturbasi

Apakah Masturbasi

Masturbasi adalah sebuah aktivitas seksual yang dilakukan dengan merangsang diri sendiri. Stimulasi terhadap alat kelamin pribadi tadi ditujukan untuk mencapai suatu titik kesenangan atau yang biasa disebut orgasme.

Apakah masturbasi kerap dilakukan orang pada umumnya? 

Hampir semua orang pernah melakukan masturbasi, baik yang telah mempunyai pasangan maupun yang tidak mempunyai pasangan.

Masturbasi adalah perilaku yang wajar. Bagi para remaja, mungkin ini merupakan eksplorasi tubuh yang terbilang aman dibanding dengan seks bebas. Kebanyakan orang terus melakukannya hingga di usia dewasa.

Beberapa orang melakukan masturbasi untuk melepaskan ketegangan seksual, terutama bagi orang-orang yang belum tersedia pasangannya atau justru yang pasangannya tak bersedia melakukan hubungan seksual.


Apakah masturbasi boleh dilakukan?

Kegiatan menstimulasi diri sendiri masih dianggap sesuatu yang tabu untuk dilakukan. Bahkan dahulu dianggap sebagai penyimpangan mental. Akan tetapi segi medis menyatakan, masturbasi justru memiliki manfaat bagi kesehatan dan merupakan kegiatan seksual minim resiko.

Mastrubasi dianggap sebagai langkah alternatif untuk menghindari kehamilan ataupun bahaya penularan penyakit seksual. Terkadang masturbasi juga dilakukan sebagai langkah awal untuk pengujian kualitas sperma pada laki-laki.

Segi medis mengatakan bahwa masturbasi merupakan ekspresi seksual yang alami bagi pria maupun wanita. Selama melakukannya dalam batas kewajaran, tidak akan menimbulkan efek yang membahayakan tubuh.


Apakah masturbasi berbahaya?

Masturbasi bisa dianggap masalah bila justru menghambat aktivitas seksual dengan pasangan, bila dilakukan di depan umum atau bila merusak organ kemaluan. Beberapa ahli menyarankan masturbasi, dengan catatan bila dapat meningkatkan kesehatan seksual dengan pasangan.

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Endometriosis adalah kondisi dimana terdapat jaringan dari dinding rahim yang tumbuh diluar rahim Endometriosis, Salah Satu Penyebab Nyeri Haid dan infertilitas Kanker serviks bisa dicegah dengan tes yang dilakukan sejak dini, terutama di usia-usia ini Cegah Kanker Serviks, Lakukan Deteksi di Usia-Usia Ini