Profile
Alergi

Anak Anda Alergi? Temui Dokter!

Anak Anda Alergi? Temui Dokter!

Orang tua dengan anak yang mengalami alergi, seringkali harus waspada. Kadang-kadang, gejala alergi pada anak-anak cukup ringan untuk ditangani di rumah. Tapi, adakalanya, gejala menjadi serius atau sering terjadi, dan itulah, saatnya untuk mengunjungi dokter spesialis alergi anak. Mengapa harus segera menemui dokter? Pasalnya, banyak orangtua yang salah memahami reaksi alergi Si Kecil,  akibatnya tidak tepat dalam penanganannya dan membuat alergi si Kecil bertambah parah.

Nah, agar tidak salah dalam penanganan alergi si Kecil, segera temui dokter jika menemukan gejala-gejala serius seperti ini:

1. Demam yang berlangsung selama lebih dari satu atau dua minggu, atau terjadi di sekitar waktu yang sama setiap tahun. Demam mungkin disertai dengan hidung tersumbat, bersin, kulit gatal-gatal, kadang mata juga terasa gatal.

2. Alergi anak yang menyebabkan gejala seperti infeksi sinus kronis, hidung tersumbat atau kesulitan bernapas.

3. Antihistamin dan obat alergi bebas lainnya tidak dapat mengontrol gejala alergi Si Kecil atau menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan, seperti mengantuk.

4. Muncul gejala asma  yang mengganggu kemampuan Si Kecil untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan menurunkan kualtitas hidupnya.

5. Gejala asma membuat Si Kecil sulit bernapas

6. Gejala asma membuat Si Kecil sering mengi yaitu suara yang dihasilkan ketika udara mengalir dari saluran napas yang menyempit, atau pun batuk, terutama pada malam hari atau setelah beraktivitas fisik.

7. Si kecil sering sesak napas atau merasa sesak di dada.

8. Si kecil telah didiagnosis asma sebelumnya dan akhir-akhir ini serangan asma terjadi lebih sering meskipun sudah minum obat asma.

 

Dalam banyak kasus, dokter anak dapat mendiagnosa dan mengobati alergi. Dokter mungkin menawarkan:

1. Obat-obatan untuk mengobati gejala

2. Saran tentang cara untuk menghindari pemicu alergi Si Kecil

Mungkin perlu untuk membuat perubahan di rumah atau mengubah pola makan Si Kecil, terutama jika anak menderita alergi makanan.

Dokter anak Anda juga dapat merujuk ke spesialis alergi. Ahli alergi dapat melakukan tes kulit untuk mengetahui jenis alergi yang diderita Si Kecil. Tes kulit dilakukan dengan menempatkan sejumlah kecil allergen pada kulit Si Kecil, biasanya di punggungnya atau lengan bawah dan kemudian menusuk kulit di bawahnya. Prosedur ini aman namun mungkin cukup menyakitkan bagi anak yang masih kecil. Disarankan Anda mendampingi Si kecil untuk menenangkannya selama prosedur medis berlangsung.

Untuk informasi lengkap seputar alergi anak, kunjungi www.alergianak.com.

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?