Profile
Kesehatan Wanita

Amenorrhea Primer

Amenorrhea Primer

Terkadang, beberapa kondisi fisik yang terjadi di dalam tubuh dapat menyebabkan proses alamiah tubuh tidak berlangsung seperti semestinya. Pada wanita, kondisi yang alami terjadi adalah mendapatkan haid atau menstruasi saat memasuki masa puber di usia remaja. Namun, penyimpangan yang bisa terjadi tanpa diketahui dapat mengakibatkan menstruasi tidak kunjung terjadi.

Menstruasi yang belum juga terjadi hingga masa puber selesai dapat diindikasikan sebagai amenorrhea primer. Amenorrhea primer bukan merupakan diagnosis medis tertentu sehingga dibutuhkan penentuan apakah penyebab terjadinya kondisi ini pada penderitanya.

Macam-macam penyebab amenorrhea primer yang membuat menstruasi tidak terjadi antara lain:

  • Adanya gangguan hormonal
  • Adanya tumor
  • Kondisi penyakit sistemis
  • Terjadinya gangguan pola makan

Dari antara penyebab-penyebab yang sudah disebutkan di atas, terdapat berbagai kemungkinan kondisi kesehatan lain yang mengikuti. Pada penderita amenorrhea dengan payudara yang juga tidak berkembang, hal ini juga kemungkinan besar disebabkan oleh kelainan hormonal.

Pemeriksaan terhadap apa penyebab amenorrhea akan memakan cukup waktu karena adanya kerumitan dalam masalah hormon. Pemeriksaan akan meliputi bagian panggul, payudara, serta organ reproduksi, dilanjutkan dengan tes darah. Tes darah ini meliputi tes kehamilan, tes kelainan fungsi tiroid, tes fungsi ovarium, dan tes hormon testosteron.

Jenis pemeriksaan lain yang mungkin akan dilakukan adalah penggunaan ultrasound, CT scan, atau MRI. Pemeriksaan histeroskopi yang berupa pemeriksaan rahim dengan menggunakan kamera kecil yang dimasukkan melalui vagina juga bentuk pemeriksaan lain untuk mengetahui penyebab amenorrhea.

Setelah mengetahui penyebab amenorrhea, pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian pil KB, obat-obatan tertentu sesuai saran dokter, maupun dengan melakukan operasi. Khusus untuk operasi, hal ini hanya perlu dilakukan jika ditemukan tumor atau adanya kelainan pada struktur organ reproduksi.

 

Oleh dr. Margareta Amelia

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya