Profile
Kesehatan A-Z

Alasan dan Waktu yang Tepat Menyimpan Darah Tali Pusat

 Alasan dan Waktu yang Tepat Menyimpan Darah Tali Pusat

Darah tali pusat perlu disimpan karena sangat penting bagi kesehatan di masa depan

Tali pusat atau stem cell memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Berbagai penelitian menyebutkan darah tali pusat adalah sumber yang kaya akan sel punca dan dapat dimanfaatkan dalam terapi lusinan penyakit, termasuk leukemia, limfoma dan anemia.

Penyimpanan darah tali pusat adalah pengumpulan sel punca darah tali pusat yang ada di dalam tali pusat bayi baru lahir saat mereka dilahirkan. Cordlife merupakan bank darah tali pusat pertama di Indonesia. Secara group, Cordlife telah eksis selama 17 tahun dan menjadi bank darah terkemuka di dunia.

Merayakan 17 tahun eksistensi Cordlife Group, PT Cordlife Persada mengadakan talkshow berjudul Experts Talk-Baby’s Umbilical Cord: Enhancing Quality of Life yang bertujuan untuk memberikan informasi terbaru mengenai penggunaan stem cell di dunia medis dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menyimpan darah tali pusat.

Pada kesempatan tersebut, dr. Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA menceritakan pengalaman beliau dalam melakukan transplantasi stem cell yang bersumber dari sum sum tulang belakang untuk kasus leukeumia di Italia pada 2012. Ia juga mengatakan bahwa selain dari sum sum tulang belakang, stem cell juga dapat berasal dari darah tali pusat yang disimpan.

Narasumber lain, dr. Ardiansyah Dara, SpOG menambahkan bahwa stem cell dari darah tali pusat dapat digunakan untuk diri sendiri dan orang lain. “Dari kasus terbaru yang saya baca, pada kasus cerelbral palsy, stem cell digunakan untuk dirinya sendiri, sedangkan pada kasus thallassemia, stem cell yang digunakan adalah milik saudaranya,”  jelas dr. Dara di acara Expert Talk yang diselenggarakan di Doubletree by Hotel Hilton, Jakarta, pada Kamis (26/4/2018) lalu.

Senada dengan dr. Dara, dr Meriana Virtin juga mengungkapkan pentingnya menyimpan stem cell dari darah tali pusat.  “Karena itu penting untuk menyimpan stem cell yang bersumber dari darah tali pusat karena stem cell yang berasal dari darah tali pusat memiliki kelebihan yaitu proses pengambilannya tidak menyakitkan, dan tersedia langsung jika dibutuhkan segera”, jelasnya.

Karena menyimpan darah tali pusat bayi hanya dapat dilakukan sesaat setelah bayi dilahirkan, maka penting bagi orangtua untuk merencanakan penyimpanan darah tali pusat sejak jauh-jauh hari. “Jangan sampai orangtua kehilangan kesempatan yang berharga itu, karena itu momen yang sangat penting,” kata dr. Dara. 

 

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan