Profile
Asupan Makanan dan Diet

Air Lemon Tidak Terbukti Dapat Turunkan Berat Badan

Air Lemon Tidak Terbukti Dapat Turunkan Berat Badan

Minum air lemon telah menjadi tren sekarang ini. Selain untuk kesehatan, banyak orang percaya air lemon juga bisa untuk membantu menurunkan berat badan. Tapi, apakah Anda pernah bertanya, apakah jangan-jangan sebenarnya kesukaan kita itu sudah berlebihan?

Sebelum bicara tentang kemungkinan risiko yang merugikan, mari kita bahas dulu sisi positif mengonsumsi lemon.  Lemon memberikan dosis solid vitamin C sebagai antioksidan dan meningkatkan energi. Plus, sebagai pengganti minuman sarat gula untuk mengurangi asupan kalori .

Tetapi, Anda tidak akan kehilangan berat badan hanya dengan minum air lemon. Tidak  ada bukti yang mendukung klaim bahwa lemon dapat meningkatkan kerja pencernaan atau mendetoksifikasi tubuh, tidak peduli berapa banyak orang terkenal mengatakan sebaliknya.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang perlu diingat ketika Anda minum air lemon untuk membantu mengurangi berat badan Anda. Kebiasaan mengonsumsi air lemon berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti di bawah ini. Jadikan ini sebagai pertimbangan sebelum Anda meraih gelas ke-4 hari ini.

Heartburn

Terlalu banyak air lemon bisa memicu rasa terbakar (heartburn) di dada Anda, kata ahli gizi di NYC, Jackie Ballou, R.D. "Lemon adalah salah satu buah yang paling asam, jadi jika Anda rentan terhadap heartburn, lemon bisa memicu kekambuhannya," kata Ballou.

Merusak enamel

Para fanatik lemon perlu untuk mengawasi gigi mereka. Rasa asam di  dalam lemon dapat merusak enamel pelindung gigi. Walhasil, gigi lebih berisiko berlubang atau menyebabkan gigi sensitif. Coba gunakan sedotan atau minum minuman dengan cepat untuk mengurangi jumlah asam yang melekat di gigi Anda. Berkumur dengan air putih juga merupakan cara yang bijak mengurangi kerusakan gigi karena asam.

Kami tidak menentang air  lemon tapi jika bicara penurunan berat badan, masih ada pilihan lain yang bisa Anda coba seperti misalnya jus sayur atau buah murni tanpa pemanis tambahan yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak merusak gigi. Selamat mencoba!

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Diare lazim dialami oleh anak-anak, khususnya anak-anak yang berada di bawah usia lima tahun. Disebut diare jika anak mengalami buangair besar yang lebih encer dan sering Cegah Dehidrasi Pada Anak yang Diare Kejang demam sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 5 tahun, Banyak tanda-tanda yang terjadi saat kejang demam. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika buah hati Anda mengalami ini. Cara Tepat Atasi Anak Kejang Demam