Profile
Kesehatan Mental

8 Ciri ‘Toxic People’ yang Harus Anda Waspadai

8 Ciri ‘Toxic People’ yang Harus Anda Waspadai

Apakah Anda tahu jenis orang yang beracun (toxic people)? Meski Anda mungkin sering tak menyadari keberadaan mereka, di beberapa titik dalam hidup Anda, Anda pasti pernah bertemu dengan mereka.  Berurusan dengan individu seperti itu, bersiaplah untuk menguras energi dan emosi. Bersinggungan dengan jenis orang yang beracun mungkin juga akan menantang pemahaman Anda terhadap diri Anda sendiri  dan mendorong Anda untuk melewati batas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri orang beracun yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat melakukan langkah antisipasi sebelum bersinggungan dengan mereka:

1.Manipulatif

Modus operandi mereka adalah mendorong orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Mereka akan berbohong kepada Anda atau merasa tidak bersalah jika Anda mengetahui aksinya.

2. Tidak bertanggung jawab atas perasaan mereka sendiri

Sebaliknya, mereka memproyeksikan perasaan pahit mereka kepada Anda atau siapa saja yang memungkinkan. Jika Anda mencoba untuk menasehatinya, mungkin mereka akan keras mempertahankan perspektif mereka dan tidak bertanggung jawab untuk apa saja yang mereka lakukan.

3. Tidak meminta maaf

Mereka tidak melihat alasan untuk meminta maaf karena segala hal dianggap adalah  kesalahan orang lain. Dalam banyak kasus, mereka mencoba untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain tetapi sebenarnya untuk mencapai tujuan mereka sendiri, mereka mencoba untuk memperoleh simpati dan perhatian dengan mengklaim status sebagai "korban".

4. Mereka tidak konsisten

Sulit untuk mengetahui dengan siapa Anda berurusan karena mereka sering mengubah  perspektif, sikap, dan perilaku tergantung pada apa yang mereka rasa perlu untuk mencapai  apa yang mereka inginkan. Orang beracun tahu bagaimana harus bersikap baik ketika mereka menginginkan sesuatu dari Anda.

5. Mereka mendorong Anda ingin membuktikan diri kepada mereka

Orang beracun membuat Anda memilih mereka dibandingkan orang lain. Mereka kerap menjebak Anda untuk mendahulukan keinginan mereka di atas kepentingan Anda sendiri. Mereka tahu cara memecah belah untuk menguasai sehingga Anda berada pada situasi tersebut, hanya merekalah satu-satunya pilihan yang tersisa bagi Anda. Bahkan, mereka tak segan membuat Anda memutuskan hubungan dengan orang lain yang lebih berarti demi kepuasan mereka.

6. Mereka membuat Anda harus membela diri

Orang beracun memiliki kesulitan untuk fokus pada satu titik tentang isu-isu tertentu. Ini karena mereka tidak tertarik sudut pandang Anda atau mencoba untuk mencapai kesimpulan damai. Ingat, mereka adalah manipulator tertinggi. Taktik mereka tersamar namun sewenang-wenang. Mereka senang mengalihkan fokus diskusi. Mereka fokus pada masalah bukan pada solusi.

7. Mereka tidak peduli, mendukung, atau tertarik pada apa yang penting bagi Anda

Bahkan, hal-hal baik yang terjadi pada Anda, tidak membuat mereka ikut gembira selayaknya seorang teman. Malahan, kebahagiaan Anda dianggap mengalihkan perhatian yang menurut mereka, seharusnya menjadi milik dan tujuan mereka. Waspadalah terhadap orang yang mencari-cari kesalahan Anda dan membuat Anda merasa bersalah. Loyalitas adalah benda asing bagi orang beracun.

8. Orang beracun sering membuat Anda ingin memperbaiki  masalah mereka.

Mereka ingin Anda untuk merasa kasihan pada mereka, dan bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada mereka.  Apa yang mereka inginkan adalah simpati dan dukungan, dan mereka akan membuat satu drama demi satu tujuan untuk mendapatkannya sedangkan mereka sendiri tidak berbuat apa-apa untuk memperbaiki diri mereka sendiri.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Mental ?
Ask Doctor
Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Berkemah bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah tidur. Ingin Sembuh dari Insomnia? Berkemah Saja