Profile
Beauty & Skin Care

8 Cara Agar Selalu Tampil Awet Muda

8 Cara Agar Selalu Tampil Awet Muda

Dalam diri Anda merasa muda dan lincah. Tapi akhir-akhir ini penampilan Anda tidak cocok dengan gaya  muda Anda.

Untuk bisa tampil awet muda, Anda harus menampilkan sisi terbaik dari diri Anda. Ini berarti Anda wajib merawat diri sendiri dan memberikan dorongan kecil untuk lebih menonjolkan kelebihan alami Anda seperti saran di bawah ini. "Setelah itu, Anda akan merasa lebih percaya diri dan kesehatan fisik meningkat," dikutip dari Erlene Rosowsky, PsyD, asisten profesor psikologi klinis di Harvard Medical School.

1. Duduk tegak.

"Orang-orang dengan postur tubuh yang baik sering terlihat  lebih muda, lebih percaya diri, dan lebih bahagia daripada mereka yang berpostur membungkuk atau miring ke satu sisi," dikutip dari Paul D'Arezzo, MD, penulis buku Posture Alignment. Selain itu, postur yang tegak dapat mencegah cidera otot dan sendi dan dapat membantu menghindari sakit kepala akibat ketegangan otot leher.

Untuk membantu Anda selalu berpostur tegak, cobalah berlatih yoga atau Pilates secara rutin. Yoga dan Pilates akan memperkuat otot-otot di perut Anda, panggul, dan punggung bawah yang membantu menahan tubuh Anda untuk tetap tegak.

2. Bercinta lebih banyak

Pasangan di pertengahan usia 40-an yang berhubungan seks tiga kali seminggu terlihat hingga 12 tahun lebih muda dari mereka yang jarang menikmati hubungan seksual, dikutip dari sebuah studi selama 10 tahun  di Skotlandia. Para peneliti menemukan wajah-wajah pasangan yang aktif secara seksual, memiliki keriput lebih sedikit, dan kulit mereka lebih halus serta kenyal. Saat berhubungan seks, tubuh melepas oksitosin, senyawa kimia yang berguna untuk mengurangi stres dan ini membuat waktu seperti berputar kembali ke masa Anda masih berusia jauh lebih muda. Seks di waktu malam juga membantu Anda tidur lebih nyenyak, sehingga Anda terlihat lebih segara karena cukup beristirahat.

3. Ringankan  penampilan alis Anda.

Alis yang berwarna terlalu gelap dan tebal, dapat membuat penampilan Anda terlihat bertambah tua. Sebaliknya, alis yang berwarna cokelat muda dengan ketebalan yang pas akan membuat Anda terlihat lebih muda. Bantu penampilan Anda agar lebih awet muda dengan penggunaan rona blush on tipis di pipi dan gunakan alas bedak yang sesuai warna kulit, juga diaplikasikan tipis ke kulit wajah.

4. Highlight rambut Anda.

Pertimbangkan memberi nuansa berbeda para warna rambut dengan menerapkan highlight dua warna lebih ringan dari warna asli rambut Anda. Hal ini tidak hanya akan membuat rambut Anda terlihat lebih bersinar dan sehat tetapi juga menyamarkan tanda-tanda penuaan di wajah Anda.

5. Biarkan rambut Anda tumbuh panjang ... atau potong pendek.

Jika Anda memiliki rambut tebal, Anda akan terlihat lebih awet muda jika Anda membiarkannya tumbuh melewati bahu. Sedangkan rambut tipis akan lebih baik dipotong pendek untuk membantu Anda terlihat lebih muda.

6. Beli bra baru.

Payudara akan turun sejalan dengan usia. Kita semua tahu ini tapi kita tidak harus menunjukkannya. "Beli bra yang memiliki bantalan lunak berbentuk cangkir dengan kawat yang bisa mengangkat payudara Anda," saran Susan Nethero, penulis buku Bra Talks: Myths and Facts. "Bra seperti ini akan membantu membawa garis payudara Anda kembali ke posisinya di waktu Anda masih muda dulu."

7. Manikur dan perhiasan tangan

Memakai cat kuku atau cincin dapat mengalihkan perhatian orang dari tanda-tanda pertambahan usia di wajah Anda. Penlitian mengatakan, 49 persen responden yang diminta menilai usia wanita berdasarkan penampilan tangannya, berpikir bahwa tangan wanita tampak lebih muda ketika dihiasi dengan cat kuku; 52 persen mengalami hal yang sama ketika melihat tangan wanita yang memakai perhiasan. Agar tangan Anda tampil lebih sempurna, mungkin Anda perlu melakukan manikur di salon. Manikur membuat kuku Anda bersih terawat dan pemijatan serta pelembap yang diaplikasikan saat manikur membuat kulit tangan nampak lebih lembap dan kenyal.

8. Cerahkan senyum Anda.

"Senyum yang cerah dan tulus keluar dari hati yang bahagia, memberi kesan sehat dan muda. Pertimbangkan untuk melakukan perawatan whitening dan pembersihan gigi secara profesional di dokter gigi Anda. Pasta gigi whitening mungkin juga bisa membantu walau tak seampuh perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Beauty & Skin Care ?
Ask Doctor
Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga di bokong. Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara mengatasinya. Cara Basmi Jerawat di Bokong