Profile
Asupan Makanan dan Diet

7 Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

7 Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Protein adalah pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan karena bikin kenyang lebih lama

Bila Anda ingin menurunkan berat badan, masukkan lebih banyak protein dalam menu harian Anda. Protein mencerna makanan dengan lambat dan stabil, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih.  Protein juga penting untuk menjaga dan membangun massa otot tanpa lemak.   untuk membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori.  
 
Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi akan memberikan manfaat lebih pada upaya penurunan berat badan Anda.  Beberapa protein terbaik ini akan membuat diet Anda lebih cepat berhasil: 
 
Telur
Makan telur adalah cara terbaik untuk memulai hari Anda. Dengan hanya 140 kalori, 2 butir telur  mengandung protein 14g.  Selain itu, Anda juga mendapatkan manfaat dari kuning telurnya yang dapat menjaga kadar gula darah Anda. Temuan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan mengurangi produksi hormon germelin kelaparan - dan membantu Anda makan lebih sedikit untuk 36 jam berikutnya. Luar biasa kan? 
 
Salmon 
Salmon mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu menjaga nafsu makan Anda, menurut sebuah ulasan yang dipublikasikan di jurnal Nutrisi. Ikan laut memiliki kalori 32% lebih sedikit dan 1g lebih banyak omega-3 per posi, dibandingkan dengan ikan air tawar. 
 
Keju rendah lemak 
Keju rendah lemak memberikan lebih banyak protein, dengan kalori lebih sediki, dibandingkan keju biasa.  Penelitian di Kanada menunjukkan, wanita gemuk yang mengonsumsi lebih banyak makanan susu kaya protein seperti keju rendah lemak, kehilangan lebih banyak lemak dan mendapatkan lebih banyak otot dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. 
 
Dada ayam tanpa kulit 
Tidak banyak makanan lain yang akan memberi Anda 26g protein dengan hanya 128 kalori, dan dada ayam tanpa kulit salah satunya. Selain rasa yang enak, dada ayam juga mudah dimasak. Namun, agar tidak bosan, cobalah berbagai variasi makanan dari dada ayam. 
 
Kacang lentil 
Secangkir kacang-kacangan yang dimasak tidak akan hanya memberi Anda hampir 18 gram protein tapi juga 15 gram serat,  yang membantu memperlambat pencernaan makanan Anda dan menstabilkan gula darah.  Dalam sebuah penelitian di Kanada, subjek yang hanya makan satu porsi kacang lentil setiap hari kehilangan sekitar 0,2 kg hanya dalam enam minggu-tanpa melakukan perubahan lain pada makanan mereka. Sekarang, bayangkan saja apa yang bisa dilakukan lentil sebagai bagian dari rencana makan dan olahraga yang sehat.
 
Tempe
Makanan yang terbuat dari kedelai yang difrementasi ini  mengandung 16 gram protein per porsi 3 ons. Tapi bukan itu saja. Seperti lentil, tempe adalah sumber serat yang fantastis, memberi Anda 7 gram serat per sajian. Dan itu akan membantu Anda kenyang lebih lama, dibandingkan dengan protein murni saja. 
 
Tuna 
Seperti salmon, tuna  adalah sumber hebat lainnya untuk membakar lemak omega-3, dan mengandung 16 gram protein per porsi 3 ons. Anda bisa mendapatkan ikan tuna dalam bentuk kalengan. Selain lebih murah, cara memasaknya pun lebih praktis. Anda bisa menyimpan tuna kalengan ini untuk persedian makanan sehat Anda. 
 
Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf
Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Yuk, Bikin Puasamu #LebihEnak dengan SOYJOY Crispy Yuk, Bikin Puasamu #LebihEnak dengan SOYJOY Crispy Aturan Konsumsi Gula Saat Hamil Aturan Konsumsi Gula Saat Hamil