Profile
Hamil

7 Cara Cepat Hamil

7 Cara Cepat Hamil

"Dok, bagaimana cara agar cepat hamil padahal saya dan pasangan sudah rutin melakukan hubungan intim?" Pertanyaan ini cukup sering diajukan pasangan terutama oleh pasangan muda yang baru menikah. Saat Anda dan pasangan sudah stabil secara finansial dan emosional, langkah selanjutnya adalah memiliki keturunan. Namun, bagi beberapa pasangan, hal ini tidak lantas terjadi dengan cepat dan mudah. Barangkali Anda dan pasangan belum melakukan 7 cara cepat hamil berikut ini:

Periksa ke dokter

Salah satu cara untuk cepat hamil adalah memeriksakan kesehatan dengan berkonsultasi kepada dokter kandungan agar kondisi medis calon ibu dan ayah bisa diketahui secara pasti. Harapannya, bila memang ada sesuatu yang salah, bisa segera diatasi sebelum kehamilan terjadi.

Biasanya dokter kandungan juga akan memberikan vitamin yang mengandung asam folat untuk mencegah cacat lahir. Asam folat bekerja efektif di fase awal kehamilan sehingga penting bagi tubuh bahkan sebelum hamil.

Kenali masa subur wanita

Cara untuk cepat hamil adalah memahami kapan saat tersubur seorang wanita. Pasalnya, saat wanita berovulasi adalah waktu terbaik untuk berhubungan badan agar cepat hamil. 
Masa subur wanita ditandai adanya lendir serviks yang keluar dari vagina yang bertekstur tipis dan licin. Pria juga bisa menghitung masa suburnya dengan cara ini.

Selain mengamati munculnya lendir, Anda juga bisa mengetahui masa subur wanita dengan alat tes masa subur. Lewat alat ini, Anda bisa mengetahui waktu berhubungan badan yang tepat. Lakukan tes pada hari ke sembilan sejak hari pertama periode menstruasi. Ulangi tes hingga Anda mendapatkan hasil positif. Biasanya, para wanita yang memiliki siklus haid setiap 28 hari akan berovulasi pada hari ke-14.

Posisi berhubungan badan

Beberapa posisi berhubungan badan seperti berdiri atau duduk memang dapat membuat gerakan sperma untuk berenang menuju sel telur menjadi terhambat. Meski belum terbukti secara ilmiah, Anda bisa mencoba beberapa posisi berhubungan badan ini sebagai cara cepat hamil.

Berbaring santai

Cara cepat hamil yang lainnya adalah berbaring dengan santai selama 10 – 15 menit setelah berhubungan seks. Hal ini dapat membantu sperma membuahi sel telur dengan optimal. 

Jangan berlebihan

Berhubungan intim terus-menerus sepanjang siang dan malam tidak menjamin Anda akan cepat hamil. Tapi, salah satu cepat hamil dengan berhubungan intim di malam hari saat Anda sedang ovulasi. Sperma mampu hidup selama 72 jam setelah berhubungan intim, sehingga melakukan hubungan badan rutin sekali sehari saja sudah cukup. 

Hindari stres

Stres bisa membuat ovulasi terganggu. Oleh karena itu, usahakan agar tubuh dan pikiran tetap dalam kondisi rileks. Jika Anda mudah merasa tertekan, carilah pengalihan emosi agar Anda tidak stres, baik melalui belanja, liburan, olahraga, melakukan hobi, pijat, hingga akupunktur.

Komitmen hidup sehat

Berolahraga bisa mempertahankan bobot ideal tubuh dan bisa menjadi cara untuk cepat hamil. Tapi, hindari berolahraga secara berlebihan hingga mengganggu siklus menstruasi. Biasanya, siklus menstruasi menjadi lebih pendek tapi lebih sering terjadi. 

Jenis olahraga ringan yang disarankan adalah berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu atau 30 menit lima hari dalam seminggu. Pola hidup sehat lain sebagai cara untuk cepat mendapatkan kehamilan adalah menghentikan kebiasaan merokok yang dapat menurunkan level estrogen serta mengganggu ovulasi. (PA)

Ditinjau oleh dr.T. Ari Wibowo

 
Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan