Profile
Kesehatan Wanita

7 Cara Alami Cepat Hamil Bagi Penderita PCOS

7 Cara Alami Cepat Hamil Bagi Penderita PCOS

PCOS merupakan masalah gangguan hormonal yang banyak diderita wanita. Ada cara alami untuk mengendalikannya

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) menjadi salah satu  masalah kesehatan wanita yang paling komplek. Jutaan wanita saat ini sedang menghadapi salah satu gangguan hormonal, yang sering dikaitkan dengan sejumlah gangguan yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti resistensi insulin, obesitas dan risiko diabetes. Ketidakseimbangan hormon karena PCOS, sering dapat menyebabkan masalah metabolisme, hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi dan infertilitas wanita. Pil dan obat-obatan  bukan menjadi satu-satunya solusi untuk kondisi PCOS ini. Cara paling alami untuk menghadapinya dapat membantu Anda mengelola kondisi ini dengan lebih baik:

Hindari mengurangi jam tidur

Tidur 7 sampai 8 jam di malam hari tidak hanya membantu untuk sekedar beristirahat, tetapi juga dapat membuat tubuh Anda re-boot kembali, mengurangi kemungkinan adanya resistansi insulin, mencegah menstruasi yang tidak teratur, menurunkan risiko infertilitas dan diabetes, yang sering menjadi masalah PCOS .

Tingkatkan kadar vitamin D

67-85 persen wanita dianggap kekurangan vitamin D. Sementara vitamin D tidak dapat secara langsung menyebabkan PCOS. Vitamin D dapat memperlambat pembentukan kista ovarium dan mengatur siklus menstruasi.

Pastikan berat badan turun ke kisaran normal

Kehilangan berat badan sebanyak 10% dapat membantu Anda mengatur siklus menstruasi. Mengurangi berat badan dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengembalikan keseimbangan hormon yang merupakan faktor-faktor yang terkait dengan PCOS

Mengurangi asupan karbohidrat

Mengurangi jumlah karbohidrat yang Anda makan dapat membantu mengurangi insulin yang berdampak langsung pada metabolisme. Semakin baik metabolisme Anda, semakin baik keseimbangan hormonal yang dapat membantu Anda menangani PCOS.

 Mengkonsumsi makanan dengan kandungan anti-inflamasi

Diet yang mengandung makanan anti-radang, seperti sayuran, buah-buahan, salmon, kacang & biji-bijian dapat menyebabkan penurunan berat badan, memperbaiki tekanan darah, menurunkan kolesterol, memperbaiki keseimbangan hormon dan mengurangi risiko diabetes tipe-2, dan juga dapat membantu meningkatkan masalah fertilitas yang kerap dialami oleh mereka yang memiliki PCOS.

Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme 

Dua sampai tiga cangkir teh hijau dapat membantu wanita yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) dan meningkatkan metabolisme tubuh, yang dimana kedua faktor tersebut berkaitan dengan PCOS. Jika Anda bukan penggemar teh hijau, mengonsumsi 500 mg kapsul teh hijau dua kali sehari dapat memberi manfaat yang sama.

Biji jintan dapat membantu menstabilkan hormon dan gula darah Anda

Biji jintan bertindak seperti estrogen dalam tubuh, yang biasanya cenderung lebih rendah pada wanita dengan kondisi PCOS. Biji-bijian ini dapat membantu melawan stress, mengurangi kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Satu sendok jintan yang direbus di  air mendidih merupakan trik terbaik yang dapat Anda lakukan setiap harinya.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 

 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan