Profile
Asupan Makanan dan Diet

7 Camilan Sehat Berkalori Rendah

7 Camilan Sehat Berkalori Rendah

Camilan bisa mengendalikan berat badan kadar gula darah. Pilihlah camilan yang rendah kalori

Diet tidak selalu harus berpantang ngemil. Camilan yang sehat justru bisa menjaga tubuh tetap langsing. Efek positif lainnya mampu mempertahankan jumlah gula darah dalam tubuh. Biasanya empat jam setelah makan utama, kadar gula darah menurun sehingga kembali timbul rasa lapar. Bila tidak mengonsumsi apa pun, kadar gula darah akan semakin menurun dan berpengaruh terhadap konsentrasi. Meski demikian, pilihan camilannya harus diperhatikan. Seringkali kita memilih camilan yang banyak mengandug MSG, pemanis buatan atau pun mengandung kalori tinggi. Agar berat badan terkendali, pilihlah camilan sehat berkalori rendah seperti di bawah ini: 

Telur Rebus
Sebutir telur mengandung protein dan mineral tinggi, tapi hanya mengandung 70-80 kalori. Untuk menjaga kalori tetap dibawah 100, olah telur dengan cara direbus. Tambahkan minyak zaitun, sedikit garam dan merica sebagai penambah rasa.

Popcorn
Popocorn masuk dalam kategori camilan rendah kalori bila Anda tidak menambahkan butter dalam jumlah banyak. Menurut Joan Salge Blake, RD, juru bicara dari American Dietetic Association, popcorn kaya akan serat yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Ubi Manis
Camilan lokal ini hanya mengandung 55 kalori per buah. Ubi manis kaya karbohidrat dan dapat mengenyangkan. Masak ubi dengan cara dikukus atau dipanggang. 

Mangga 
Sajikan ¾ mangkuk mangga dingin yang dipotong dadu. Camilan buah ini mengandung beta karotin dan serat yang akan memanjakan lidah kita. Porsi ini juga akan membuat kita mencukupi 60 persen kebutuhan vitamin C dari dosis yang direkomendasikan per harinya.

14 Biji Kacang Almond
Mengandung 98 kalori sehingga dapat mengunci rasa kenyang lebih lama. Kacang almond kaya serat dan protein. Sebaiknya pilih kacang almond yang belum ditambah garam. 

Blueberry smoothie
Ingin minuman yang segar? Cobalah blueberry smoothie yang mengandung kalsium dan antioksidan. Blender 1/3 mangkuk yogurt non fat dengan 2/3 mangkuk blueberry dan es batu secukupnya. Minuman smoothie ini bertekstur kental, sehingga akan ‘memaksa’ kita untuk meminumnya secara perlahan. Cara ini  akan membuat kita lebih cepat kenyang. Jika sulit menemukan blueberry, Anda bisa menggantinya dengan strawberry.

Edamame 
Edamame termasuk jenis camilan sehat dan enak. Konsumsi 1/3 mangkuk edamame berarti kita menikmati 8 gram protein dan 4 gram serat yang akan mengenyangkan. Bonusnya, kita bisa memenuhi 10% kebutuhan harian zat besi. Edamame rebus tanpa garam ini mengandung sekitar 80 kalori. Selamat menikmati.  

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 

 

 

 

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?