Profile
Hamil

6 Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil

6 Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil

Beberapa penelitian mengatakan bahwa melakukan olahraga ibu hamil dapat membuat ibu lebih nyaman dalam menjalani masa-masa kehamilan. Selain itu, olahraga ibu hamil yang dilakukan selama masa kehamilan juga dipercaya dapat membuat persalinan semakin lancar. Oleh karena itu, kehamilan bukanlah hal yang menyebabkan Anda harus meninggalkan olahraga. Sebaiknya, dengan berolahraga, kehamilan yang Anda jalani akan semakin lancar. 

Nah, beberapa jenis olahraga ringan sangat disarankan untuk Anda dalam menyiasati sakit punggung yang biasa dialami oleh ibu hamil. Beberapa keuntungan lain, seperti dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan mood, mencegah kelebihan berat badan saat hamil, serta menghindari terjadinya komplikasi selama kehamilan. Nah, berikut beberapa olahraga ringan untuk wanita hamil.

Berjalan

Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan oleh wanita hamil adalah berjalan. Kegiatan ini pun sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja, Anda tidak memerlukan alat apapun hanya sepasang sepatu yang nyaman untuk gunakan. Olahraga ini bisa Anda lakukan selama 30 menit dan hentikan jika Anda sudah merasa lelah. Selain itu, olahraga ini bisa Anda lakukan hingga saat persalinan tiba.

Berenang

Olahraga lain yang bisa dilakukan wanita hamil adalah berenang. Kolam renang merupakan tempat yang terbaik untuk latihan otot tangan dan kaki yang memberikan manfaat kardiovaskular dan memungkinkan wanita hamil merasa ringan walaupun sedang mengandung.

Low-impact Aerobics

Latihan low impact aerobic yang dilakukan bersama instruktur ahli boleh dilakukan oleh wanita hamil, dapat memperkuat jantung. Dan, jika Anda mengambil kelas untuk ibu hamil, Anda akan banyak bertemu beberapa wanita hamil lainnya, sehingga bisa memperluas pertemanan.

Menari

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah menari. Menari merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh wanita hamil yang berguna untuk memompa jantung. Dengan menari Anda dapat lebih rileks dengan diiringi lagu favorit Anda. Kegiatan ini pun harus didampingi oleh instruktur tari yang telah professional, sehingga bisa memilih gerakan yang aman untuk wanita hamil.

Yoga

Yoga dapat membantu menjaga kelenturan otot Anda agar lebih fleksibel. Konsultasikan ke dokter, sebelum Anda melakukannya untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan selama masa kehamilan.

Stretching

Peregangan otot ini dapat menjaga agar tubuh Anda lebih lentur dan menjaga otot agar tetap rileks. 

 
Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia Sering Lelah dan Pusing? Jangan-jangan Anda Menderita Bradikardia