Profile
Health A-Z

6 Buah yang Bisa Bikin Langsing

6 Buah yang Bisa Bikin Langsing

Menurut World Health Organization, memakan buah-buahan serta sayur-sayuran setiap hari setidaknya sebanyak 80 gram akan menurunkan risiko masalah kesehatan yang serius. Penelitian terbaru juga membuktikan bahwa memakan buah-buahan tertentu  dapat membantu penurunan berat badan. Berikut ini beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi untuk membantu penurunan berat badan.

1. Semangka

Salah satu buah yang patut Anda coba untuk menurunkan berat bedan Anda adalah semangka. 90 persen dari berat semangka adalah air dan setiap satu semangka yang berukuran 100 gram hanya mengandung 30 kalori. Selain itu, di dalam semangka juga terdapat kandungan asam amino yang cukup besar yang disebut  arginin. Senyawa ini berfungsi untuk membantu membakar lemak di dalam tubuh dengan cepat sehingga akan cepat larut dalam saluran pengeluaran. Mengonsumsi semangka juga membuat Anda merasa kenyang. Hal ini sangat baik untuk mengontrol diri Anda agar tidak makan secara berlebihan.

2. Jambu Biji

Buah ini sangat baik untuk Anda konsumsi karena dapat membantu Anda untuk menahan lapar sampai malam. Hal ini karena jambu biji merupakan buah yang kaya akan serat sehingga bisa mengikat makanan pada lambung. Tidak hanya itu, kandungan protein, vitamin dan mineralnya pun bisa membuat perut Anda lebih cepat kenyang. Bahkan fakta mengatakan bahwa jambu biji merupakan buah yang nonkolesterol. Tak heran jika jambu biji dikenal sebagai ‘sumbernya nutrisi’. Kekayaan nutrisi itulah yang bermanfaat untuk membuat metabolisme kita menjadi lebih teratur.

3. Apel

Mengonsumsi satu apel sehari beserta kulitnya ternyata dapat memberikan tubuh 4,4 gram serat atau sekitar seperlima dari kebutuhan kita sehari-hari. Apel kaya akan pektin. Menurut Nutrition Journal, mengonsumsi apel atau pir sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan yang signifikan.

4. Jeruk Bali

Kandungan vitamin C pada jeruk bali juga memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar proses pembakaran lemak dan kalori menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu, kandungan likopen, vitamin A dan fitokimia pada jeruk bali juga dapat berperan sebagai antioksidan. Mengonsumsi setengah jeruk bali sekitar 30 menit sebelum makan akan membantu Anda untuk merasa lebih kenyang sehingga Anda tidak perlu makan berlebihan.

5. Pisang

Meskipun rata-rata pisang mengandung 27 karbohidrat, pisang juga bisa membantu menghentikan kenaikan berat badan karena hanya mengandung 105 kalori dan 3 gram serat. Pisang juga bisa berperan untuk mengatasi kram otot, menjaga tekanan darah dan mengurangi keasaman.

6. Tomat

Jangan lupa bahwa tomat adalah buah, bukan sayuran. Tomat juga dianggap sebagai buah yang memiliki khasiat tinggi untuk mengurangi nafsu makan karena di dalamnya terdapat kandungan air, udara dan serat dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, tomat juga berperan sebagai antioksidan dan dapat membantu mengurangi retensi air. Tomat juga sangat rendah kalori. Tomat berukuran sedang biasanya mengandung 22 kalori dan tomat berukuran besar biasanya mengandung 33 kalori.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak Campak disebut juga dengan measles, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan di seluruh tubuh. Ini Saat Tepat Imunisasi Campak