Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

5 Produk Kecantikan yang Tidak Boleh Digunakan Setiap Hari

5 Produk Kecantikan yang Tidak Boleh Digunakan Setiap Hari

Produk kecantikan ada yang tidak boleh digunakan setiap hari karena memiliki efek merusak

Tidak mudah menemukan produk yang bisa membuat penampilan Anda sempurna. Maka itu, tidak heran bila ketika sudah menemukannya, Anda selalu ingin memakainya setiap hari. Tapi, jangan sembarang memakai produk kecantkan karena beberapa produk tidak dimaksudkan untuk pemakaian sehar-hari. Dikutip dari laman Womenhealthmagz, berikut ini produk yang sebaiknya dibatasi pemakaiannya.

Sampo kering
Tidak sempat keramas tapi ingin rambut terlihat keren? Sampo kering bisa jadi solusi terbaik. Namun menggunakannya setiap hari juga tidak disarankan karena bisa merusak rambut. “Sampo kering bisa membuat rambut Anda kering dan rapuh,” kata Leanne Citrone, co-owner da stylist di Andy Lecompte Salon di Beverlu Hills. Menurutnya sebaiknya tidak menggunakan sampo kering lebih dari dua hari berturut-turut. 

Deep Conditioner 
Memberi kulit kepala dan akar kering Anda ke dalam air yang banyak uap, adalah suatu keharusan untuk menjaga agar rambut Anda terlihat dan terasa sehat. Namun, jangan melakukannya lebih dari dua kali per minggu karena akan membuat rambut Anda lebih kering. 

"Penggunaan produk yang berkadar protein tinggi dapat merugikan," kata Citrone. "Perawatan kaya protein dapat membuang keseimbangan pH rambut dan menyebabkan efek sebaliknya, membuat rambut Anda rontok. Jika Anda merasa membutuhkan lebih banyak kelembapan untuk rambut Anda, maka masukkan minyak kelapa sebagai perawatan mingguan. 

Medicated Lip Balm
Selain sensasi menyegarkan dan dingin, medicated lip balm adalah penyelamat bibir kering. Tapi ini bukan aplikasi biasa. Annie Chiu, M.D., seorang dermatolog di The Derm Institute, merekomendasikan agar penggunaannya tidak terlalu sering karena akan membuat kondisi bibir pecah-pecah Anda semakin parah. Gunakan medicated lip balm sampai bibir Anda tidak lagi pecah-pecah, lalu beralih ke lip balm biasa. 

Make up Primer
Make up primer adalah bagian dari base make up yang bersifat seperti pelembap. Primer digunakan sebagai lapisan pelindung kulit agar tidak langsung bersentuhan dengan make up. Primer diaplikasikan setelah menggunakan seluruh rangkaian skin care dan sebelum mengaplikasikan foundation atau pun make up dasar lainnya. Make up primer ini memungkinkan make up Anda bertahan lebih lama dan tanpa cela.

Namun, kulit Anda bukan penggemar dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. “Jangan memakainnya seharian karena silikon dalam make up primer bisa menyumbat pori-pori dengan minyak dan keringat, dan menyebabkan jerawat,” kata Chiu. Simpan mereka untuk acara-acara khusus dan pastikan untuk mencuci dengan benar saat menghapusnya. 

Maskara Tahan Air 
Maskara adalah teman terbaik saat Anda ingin tampil maksimal. Menggunakan maskara adalah rutinitas pagi banyak perempuan saat berhias. Namun, hati-hatilah dengan maskara yang tahan air karena cenderung bisa membuat bulu mata Anda kering. Sebaiknya, pakailah maskara biasa terlebih dulu sebelum menggunakan maskara yang tahan air. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma