Profile
Hamil

5 Nutrisi Ibu Hamil

5 Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi ibu hamil adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa kehamilan. Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, agar ibu dan juga janin dalam kandungan tetap sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Dengan begitu, janin dapat tumbuh dengan baik.

Sayangnya, tak semua makanan sehat untuk ibu hamil mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan saat hamil. Karena itu, ibu hamil perlu lebih selektif memilih makanan apa saja yang dapat memenuhi nutrisi ibu hamil.

Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu tumbuh kembang janin. Sehingga, setelah lahir nantinya dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Asupan  protein dan kalsium harus cukup untuk membentuk jaringan dan tulang janin. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan asam folat yang berfungsi untuk melindungi bayi dari cacat saraf bawaan. Kebutuhan zat besi juga meningkat selama kehamilan untuk membawa nutrisi dan oksigen ke bayi anda.


Nah, berikut adalah makanan sehat untuk ibu hamil:

1.Telur
Ahli gizi, Elizabeth Ward mengatakan bahwa telur adalah makanan sehat yang baik sebelum, selama dan setelah kehamilan. Hal itu disebabkan telur kaya akan protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu, telur juga mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral dan kolin yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan otak si kecil. Tak hanya itu, telur juga mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan otak serta penglihatan si kecil.

2.Ikan salmon
Ikan salmon memiliki kandungan yang berguna untuk Anda dan juga si kecil. Kandungan omega-3 dan protein yang berkualitas tinggi dapat membantu dalam perkembangan bayi. Selain itu, juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan mood. Kandungan merkuri dalam salmon lebih rendah dibandingkan ikan laut lain. Untuk menghindari efek samping dari paparan merkuri ini, sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi ikan salmon lebih dari 12 ounces per minggu.

3.Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan kandungan serat dan protein. Hal tersebut tentu saja sangat Anda butuhkan selama masa kehamilan agar terpenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda dan si kecil butuhkan. Selain itu, kandungan serat yang ada pada kacang-kacangan dapat membantu Anda saat mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir, yang sering dialami wanita hamil.  Tak hanya itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan seperti zat besi, folat, kalsium dan juga seng yang merupakan zat gizi mikro yang dibutuhkan selama kehamilan.


4.Buah-buahan dan sayuran
Mengonsumsi  berbagai variasi buah-buahan dan sayuran berwarna, seperti merah, orange, kuning, ungu dan putih sangat  dianjurkan agar si kecil mendapatkan berbagai vitamin dan mineral. Selain itu, menurut ahli gizi di New York, Jodi Greebel mengungkapkan bahwa setiap sayuran berwarna memiliki sayuran dan mineral yang berbeda-beda.

5.Biji-bijian
Berbagai macam biji-bijian seperti roti gandum dan sereal mengandung asam folat dan zat besi yang sangat dibutuhkan si kecil untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, biji-bijian juga kaya akan serat dibandingkan dengan nasi dan roti putih. (PR)

Ditinjau oleh: dr. Jenni, M. Gizi, SpGK

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Penyakit jantung memiliki nama dan beberapa istilah yang penting Anda ketahui artinya. 'Nama Lain' Penyakit Jantung yang Perlu Anda Tahu Kejang demam atau step biasa terjadi pada anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun dengan kenaikan suhu di atas 38 derajat Penanganan Kejang Demam pada Anak yang Perlu Anda Ketahui