Profile
Kanker Serviks

5 Makanan untuk Mencegah Kanker Serviks

5 Makanan untuk Mencegah Kanker Serviks

Selain kanker payudara, kanker serviks adalah salah satu penyakit yang menghantui kaum wanita. Penyakit kanker serviks yang lebih dikenal dengan nama kanker rahim ini disebabkan oleh virus HPV terutama tipe 16 dan 18 dan biasanya ditularkan melalui hubungan seksual.
 
Kanker serviks terjadi disebabkan oleh adanya perubahan struktur sel yang ada di daerah mulut rahim menjadi ganas. Fakta yang lebih menyeramkan adalah survei membuktikan bahwa di Indonesia hampir setiap 1 jam terdapat 1 wanita meninggal disebabkan kanker serviks.
 
Oleh sebab itu lebih baik mencegah daripada mengobati yaitu lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan organ reproduksi. Namun, selain itu Anda juga dapat melakukan beberapa pencegahan yaitu dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti berikut ini:

Wortel

Selama ini kebanyakan orang mengganggap bahwa wortel hanya bagus untuk kesehatan mata. Padahal, nyatanya wortel yang mengandung beta-karoten dan karotenoid dapat juga membantu Anda mencegah kanker serviks. Anda pun dapat mengonsumsi wortel dengan berbagai macam hidangan makanan, seperti sup, salad, jus, dan langsung dimakan dalam kondisi mentah atau direbus terlebih dahulu.

Jeruk Bali

Jeruk Bali memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat membantu mencegah terjadinya pembentukan senyawa nitrogen penyebab kanker. Vitamin C juga dikaitkan dengan beberapa penurunan risiko penyakit seperti kanker perut, usus besar, esophagus, kandung kemih, payudara, dan kanker leher rahim (nama lain kanker serviks).

Teh hijau

Teh hijau atau green tea adalah minuman yang sedang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya nikmat, teh hijau juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah kanker serviks dan kanker rahim. Hal itu disebabkan teh hijau mengandung polifenol yaitu antioksidan yang mampu membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Kacang-kacangan

Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan ini kaya akan vitamin E yang dapat mengurangi risiko terjadinya sakit perut, usus besar, paru-paru, hati dan beberapa jenis kanker. Anda dapat menambahkan beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E, seperti kacang tanah, selai kacang, kacang almond, dan juga biji bunga matahari ke dalam menu makanan Anda. Hal ini, harapannya, akan membantu Anda mencegah kanker serviks.

Sayuran selada

Sayuran berdaun hijau seperti salada memiliki kandungan flavonoid yang merupakan sumber nutrisi utama untuk mencegah kanker serviks dan jenis kanker lainnya. Jadi, jangan ragu lagi memakan selada dan sayuran saat Anda makan, ya!
 
Semoga membantu! (PR)

Ditinjau oleh dr. Joel Juanda T., Sp.OG

 
Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif