Profile
jantung

4 Asupan Sehat untuk Jantung dan Pembuluh Darah

4 Asupan Sehat untuk Jantung dan Pembuluh Darah

Mencegah serangan jantung bisa dimulai dari mengonsumsi makanan-makanan ini.

Berbagai studi menunjukkan, mengonsumsi banyak buah dan sayuran hingga 5 porsi sehari sangat baik dalam pencegahan penyakit kardiovaskuler. Pilihlah makanan dan minuman yang kandungannya secara khusus memiliki fungsi protektif bagi jantung dan pembuluh darah kita. Apa saja makanan dan minuman yang baik untuk jantung dan pembulu darah? 

Cokelat
Mengandung bioflavonoid dan polifenol yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi dinding pembuluh darah, mengurangi peradangan, menurunkan kekentalan darah, serta menstabilkan kadar gula darah. Pilihlah coklat yang mengandung 70% cocoa karena mengandung jumlah bioflavonoid dan polifenol terbesar, sehingga memacu pengeluaran nitric oxide yang banyak dan membantu melebarkan pembuluh darah. Untuk konsumsi harian, Anda dapat mulai mengonsumsi satu hingga dua potong dark chocolate dengan kandungan 70% cocoa setiap harinya.

Anggur merah 
Anggur merah juga mengandung polifenol seperti pada cokelat, dan memiliki kadar flavonoid tertinggi dibandingkan jenis anggur lainnya. Selain itu, anggur merah juga mengandung resveratrol yang merupakan antioksidan nonflavonoid yang menurunkan risiko sumbatan arteri dengan mencegah pembentukan sumbatan, serta juga dapat menurunkan kolesterol LDL. Kadar resveratol pada anggur merah lebih tinggi daripada anggur putih.

Batasi mengonsumsinya hanya 1 gelas per hari untuk wanita dan 2 gelas untuk laki-laki, dengan menggunakan gelas berukuran 100-150 ml. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi anggur merah dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar trigliserida,  obesitas, kanker dan dapat merusak liver. Kadar alkohol yang terlalu tinggi juga menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur atau melemahkan otot jantung sehingga terjadi dilatasi jantung yang abnormal. Jadi ingat ya, minum terlalu banyak justru lebih buruk dibanding tidak minum sama sekali, oleh karena itu konsumsilah dalam jumlah yang disarankan saja.

Teh 
Teh mengandung flavonoid yang juga sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta menurunkan kolesterol. Terdapat banyak jenis teh di pasaran, namun menurut studi yang ada, teh hitam dan teh hijau merupakan jenis yang paling baik untuk dikonsumsi untuk hal ini.  Orang-orang yang mengkonsumsi lima atau lebih cangkir per harinya, memiliki risiko 26% lebih rendah mengidap penyakit kardiovaskuler dibandingkan dengan yang hanya menonsumsi satu cangkir atau tidak sama sekali. 

Kopi 
Untuk kopi  sebenarnya masih cukup kontroversial, karena walaupun kopi memiliki efek yang baik bagi kesehatan tetapi konsumsi kafein yang terlalu tinggi justru akan meningkatkan tekanan darah. Sebuah studi juga menghubungkan konsumsi kopi dengan kanker payudara. Oleh karena itu bagi Anda penggemar kopi, sebaiknya batasi asupan kopi Anda hanya dua cangkir saja per hari.
Nah selain menjaga asupan seperti yang dijelaskan di atas, jangan lupa untuk tetap berolahraga selama minimum 30 menit per hari dan menghindari rokok agar kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda semakin maksimal! (dr. Regina Varani)

 

Anda punya pertanyaan seputar jantung ?
Ask Doctor

Related Question

Related Article

Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan