Profile
Kesehatan Wanita

10 Tip Diet dan Kesehatan yang Wanita Harus Tahu

 10 Tip Diet dan Kesehatan yang Wanita Harus Tahu

Wanita membutuhkan tubuh yang sehat untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari

Hari perempuan internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret, menjadi momen yang tepat bagi Anda, untuk  lebih peduli pada kesehatan. Pasalnya, wanita zaman now memiliki banyak peran, tidak hanya sebagai anak, istri dan seorang ibu, tapi juga sebagai pemimpin bisnis, pengusaha, pendidik, dan lainnya. Di tengah semua peran yang dimainkan, Anda membutuhkan tubuh yang sehat dan bugar. 

Cobalah lakukan tip ini untuk menjaga kesehatan dan kebugaran Anda : 

Jangan mengeliminasi salah satu kelompok makanan 
Dengan alasan ingin menurunkan berat badan lebih cepat, banyak pelaku diet yang mengeliminasi salah satu kelompok makanan, baik itu karbohidrat maupun lemak. Tanpa Anda sadari cara diet seperti ini akan merugikan kesehatan Anda. Sertakan protein tanpa lemak, kalsium dan makanan bergizi lainnya yang akan membantu fungsi tubuh Anda lebih baik. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kontrol porsi dan tidak berlebihan, terutama pada makanan yang tidak sehat. Moderasi adalah kunci untuk Anda yang sehat!

Perbanyak minum air putih 
Air adalah solusi untuk semua masalah kesehatan Anda. Air dapat membantu Anda untuk membuang racun berbahaya yang diproduksi di tubuh karena kebiasaan makan yang buruk, gaya hidup, dan lainnya. Minumlah banyak air atau tambahkan sedikit lemon dan madu untuk membuatnya lebih sehat. Tidak hanya akan membantu menjaga tubuh Anda terhidrasi, tetapi juga akan membuat kulit Anda bersinar.

Jangan terobsesi dengan diet
Semua hal yang berlebihan pastinya tidak baik. Begitu pun dengan upaya Anda untuk langsing. Boleh saja Anda diet, tapi lakukan dengan wajar, jangan sampai terobsesi dan membahayakan tubuh Anda. Yang penting, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat, porsinya pas, tidak berlebihan dan menjaga kebugaran fisik Anda dengan aktif bergerak. 

Awali hari dengan sarapan sehat dan berat
Sarapan adalah makanan yang paling penting, tidak peduli seberapa sibuknya Anda, luangkan waktu untuk menikmati sarapan yang sehat dan tinggi protein agar Anda tetap bersemangat sepanjang hari.

Beri perhatian kulit Anda dengan bahan alami 
Bukan hanya kesehatan secara keseluruhan, kulit pun membutuhkan perhatian Anda. Bila saat ini Anda banyak menggunakan produk perawatan kimia berbahan kimia, kali ini, cobalah untuk mengurangi dan gantikan dengan produk yang alami untuk mendapatkan kulit yang berkilau. 

Berolahraga minimal 30 menit
Bukan hanya diet Anda yang akan memastikan tubuh sehat, tapi juga beberapa aktivitas fisik atau olahraga. Anda tidak perlu menghabiskan dua jam di gym, tapi hanya 30 menit olahraga luar ruangan, seperti lari, jalan kaki atau renang. 

Check up setiap enam bulan

Luangkan waktu untuk memeriksakan tubuh Anda setiap enam bulan sekali. Hal ini penting dilakukan untuk deteksi dini setiap pertumbuhan yang mencurigakan atau apa pun yang menurut Anda harus ditandai sebelum terlambat. 

Manjakan diri 
Menjaga kesehatan bukan berarti Anda lupa untuk mengunyah makanan favorit Anda. Boleh, kok, sesekali Anda memanjakan diri dengan makanan kesukaan Anda, agar diri dan perut Anda bahagi dan sehat. Hanya, pastikan saja Anda tidak makan berlebihan. 

Kelola stres 
Anda mungkin tidak bisa menghindari stres akibat banyaknya tekanan dalam kehidupan pribadi dan profesional. Namun, Anda bisa mengelolanya dengan rileksasi dan makan makanan sehat, seperti memperbanyak buah dan sayuran yang berwarna cerah untuk membantu menghidupkan suasana hati Anda seketika.

Jauhi rokok dan alkohol
Rokok dan alkohol tidak hanya mengurangi masa hidup Anda, tapi juga membuat Anda terlihat jauh lebih tua dan kusam. Padahal, Anda ingin terlihat sehat, bugar dan awet muda, bukan? 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Kondom dikenal untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun sekarang kondom punya berbagai bentuk dengan fungsi yang berbeda. Kondom, Ini Bentuk hingga Fungsinya Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya