Profile
Hamil

6 Persiapan Penting Sebelum Hamil

6 Persiapan Penting Sebelum Hamil

Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri, terutama mereka yang baru saja menikah. Bila Anda dan pasangan ingin cepat hamil, lakukan tips ini. Kehamilan sebaiknya direncanakan secara matang untuk menghindari berbagai masalah di masa depan.

Misalnya, persiapan kehamilan seperti nutrisi ibu hamil dan janin, vaksinasi, dan finansial. Selain itu, ada beberapa persiapan penting sebelum hamil seperti berikut ini:

Makan makanan sehat

Asam folat bermanfaat bagi Anda yang merencanakan kehamilan maupun Anda yang sudah hamil. Pasalnya, asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir, bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda sedang hamil. Anda bisa mulai mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang terdapat pada sayuran hijau, jeruk, hati, dan kacang-kacangan. Anda juga bisa mengonsumsi asam folat berbentuk pil atau vitamin.

Selain itu, makanlah makanan yang banyak mengandung protein, zat besi, dan kalsium. Bila ingin ngemil, makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu olahan. Jangan lupa utamakan kehigienisan makanan.

Check-up ke dokter

Mengecek kesehatan secara keseluruhan termasuk persiapan penting sebelum hamil. Tujuannya untuk mengurangi risiko komplikasi saat hamil dan agar kehamilan berlangsung secara sehat. Cek kesehatan tersebut bisa mencakup vaksin, tes kesuburan, general check-up, dan pemeriksaan obat-obatan yang sedang dikonsumsi yang bisa menghambat kehamilan. Jadi, jangan lupa konsultasi dengan dokter kandungan saat merencanakan kehamilan.

Anda juga harus periksa gigi dan gusi ke dokter gigi. Pasalnya, kehamilan meningkatkan risiko penyakit gusi yang bisa mengakibatkan persalinan dini (prematur) karena penyebaran infeksi. 

Berat badan ideal

Persiapan penting sebelum hamil adalah memiliki berat badan ideal. Jika Anda terlalu kurus, biasanya akan timbul masalah atau komplikasi saat hamil. Tapi, kalau Anda terlalu gemuk dan mengarah pada obesitas, bisa menimbulkan kecenderungan diabetes dan tekanan darah tinggi. Anda bisa mencegah komplikasi kehamilan karena berat badan dengan berolahraga.

Misalnya, latihan selama 30 menit setiap hari seperti berjalan santai, berenang, dan bersepeda. Olahraga pun akan membantu proses melahirkan menjadi lebih mudah.

Hindari kafein dan minuman beralkohol

Persiapan penting sebelum hamil adalah menghindari asupan kafein seperti kopi, cokelat, soda. Bila belum terbiasa, mulai perlahan-lahan dengan mengurangi asupan kafein, contohnya kopi menjadi tidak lebih dari 200 mg per hari. 

Hindari juga minum minuman beralkohol saat merencanakan kehamilan. Pada beberapa kasus, minuman beralkohol dapat membuat sulit mendapatkan kehamilan dan mengonsumsi alkohol saat kehamilan berlangsung dapat meningkatkan risiko cacat lahir. 

Berhenti merokok

Berhentilah merokok jika Anda ingin mendapatkan kehamilan. Merokok dapat membuat Anda sulit hamil dan menimbulkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan keguguran. Tidak hanya itu, merokok juga bisa meningkatkan risiko sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS). Pasangan juga harus berhenti merokok karena asap rokok sangat berbahaya serta dapat menurunkan kesuburan pria.

Siapkan dana

Persiapan penting sebelum memasuki kehamilan adalah menyiapkan dana melahirkan dan perawatan anak. Susunlah rencana dana ini serinci mungkin dan dibuat jauh-jauh hari. Misalnya, sesuaikan dana dengan rumah sakit atau dokter untuk memeriksa kehamilan setiap bulan. (DV)

Ditinjau oleh dr. Joel Juanda T., Sp. OG

 
Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?